Politikus PDIP Ingin Puan Maju Capres Bareng 2 Cawapres: Anies-Ridwan Kamil

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 15:56 WIB
Presiden Joko Widodo mengundang Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Gubernur Banten Wahidin Halim serta bupati dan walikota yang daerahnya terdampak banjir, Rabu (8/1/2020).
Ilustrasi: Anies Baswedan dan Ridwan Kamil (BPMI)
Jakarta -

PDI Perjuangan angkat bicara terkait peluang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diusung dalam pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Bagaimana tanggapannya?

Elite PDIP Effendi Simbolon sebelumnya menjagokan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menjadi calon wakil presiden dari Puan Maharani. Namun anggota Komisi I DPR RI itu berandai-andai, apabila konstitusi memungkinkan, dia ingin Puan berpasangan dengan Anies dan Ridwan Kamil.

"Kalau konstitusi kita membolehkan dua wakil presiden, formasinya Mbak Puan calon presiden, dua wakilnya itu Mas Anies dan Ridwan Kamil. Kira-kira begitu gambaran kita," kata Effendi dalam rilis daring survei Parameter Politik Indonesia, Sabtu (5/6/2021).

Effendi pun menjelaskan maksudnya. Menurutnya, akan terasa sulit untuk mengabaikan suara dari Jawa Barat yang dinilai cukup tinggi. Di sisi lain, lanjutnya, Ridwan Kamil juga sosok yang mumpuni.

Ketua DPR RI Puan Maharani saat di Semarang, Sabtu (22/5/2021). Foto diberi teman.Ketua DPR RI Puan Maharani saat di Semarang, Sabtu (22/5/2021). (Foto: dok. Istimewa)

"Akan sulit meniadakan juga keterwakilan dari Jawa Barat dan dia seorang figur tokoh yang bagus ya. Ridwan Kamil kan tokoh bagus, dia tenang, arsitek, kelihatan dari karyanya dia seorang planner yang baik," ujarnya.

"Tapi kan konstitusi kita hanya presiden dan wakil presiden. Itu kesan saya kepada Ridwan Kamil," sambungnya.

Effendi menyebut masih ada peluang bagi Ridwan Kamil untuk masuk ke partai. Dia mengatakan masih ada waktu untuk mencari titik temu sampai kontestasi 2024.

"Bahwa peluang itu tetap terbukalah karena suara dari Jawa Barat itu sangat besar. Jadi jangan juga tidak diperhitungkan, bukan hanya Jawa Tengah dan Jawa Timur, tapi bagaimana mencari titik temunya. Saya kira masih ada waktulah," ungkap Effendi.

Effendi SimbolonEffendi Simbolon (Ari Saputra/detikcom)

Kata Ridwan Kamil sebelumnya:

Lihat Video: Simulasi Paslon Pilpres Via Survei, Prabowo-Puan Kalah dari Anies-AHY

[Gambas:Video 20detik]