BMKG Sebut Potensi Tsunami Bukan Jatim Saja, Minta Warga Tak Panik

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 12:44 WIB
Poster
Ilustrasi tsunami (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

BMKG merilis informasi terkait potensi tsunami di delapan wilayah di Jatim. Warga diminta tak panik terhadap informasi ini lantaran bentuknya merupakan model skenario terburuk.

"Gaduh tsunami Jatim, sebenarnya masyarakat tidak perlu panik karena model skenario terburuk itu dibuat untuk merancang mitigasi. Kapan terjadinya juga tidak ada yang tahu. Jadi respons mitigasi yang dinanti bukan kepanikan, potensi itu sama untuk semua wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Lombok hingga Sumba, bukan Jatim saja," tulis Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono melalui akun Twitternya, @DaryonoBMKG, Jumat (4/6/2021).

detikcom telah mendapatkan izin untuk mengutip cuitan tersebut. Lebih lanjut Daryono menjelaskan alasan mengapa BMKG merilis informasi ini.

"Mengapa BMKG membuat peta model tinggi tsunami dan landaan tsunami? Karena dalam berbagai kesempatan seperti sekolah lapang gempa BMKG, banyak muncul pertanyaan: di pantai kami potensi tsunami tingginya berapa? Sebaiknya kami membuat jalur evakuasi yang aman lewat jalur mana? Tsunami di kampung kami landaanya sampai di mana? Kalau kami mau menentukan titik kumpul di mana?" ujarnya.

Berdasarkan sejumlah pertanyaan tersebut, BMKG membuat peta model potensi tsunami. Peta model dibuat skenario terburuknya.

"Atas dasar banyak pertanyaan inilah kami membuat skenario model terburuk agar upaya konkret mitigasi tsunami yang dilakukan pemerintah daerah, dan masyarakat mendapat rujukan yang tepat untuk menyelamatkan masyarakat pesisir rawan tsunami," ungkapnya.

"Sehingga peta model itu dapat diacu pemerintah daerah, relawan, masyarakat untuk upaya mitigasi. Jadi bukan untuk membuat panik," sambungnya.

Sebelumnya, BPBD Jatim menyebut delapan kabupaten berpotensi terjadi tsunami. Dan ada dua wilayah di Banyuwangi yang berpotensi diterjang tsunami. Seiring dengan rilis BMKG menyebut ada peningkatan aktivitas kegempaan di Jawa Timur. Tsunami di Jawa Timur ini sewaktu-waktu bisa terjadi bila ada gempa bumi dengan kekuatan di atas magnitudo 6,5.

Lihat juga Video: Sistem Peringatan Gempa dan Tsunami di RI Setara dengan Jepang

[Gambas:Video 20detik]