Round-Up

Geger Pemalsu Seribuan Surat Bebas Corona di Bandara Pekanbaru

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 07:14 WIB
Tersangka pemalsu surat bebas Corona, N, saat berada di dalam tahanan (Raja Adil-detikcom)
Tersangka pemalsu surat bebas Corona, N, saat berada di dalam tahanan. (Raja Adil/detikcom)
Pekanbaru -

Pemalsuan surat bebas COVID-19 di Bandara Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, terungkap. Kapolda Riau, Irjen Agung, mengatakan kasus ini bermula dari kecurigaan petugas kesehatan di bandara.

"Kemarin, 2 Juni 2021, sekitar pukul 10.00 WIB, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Bandara SSK II menemukan ada kecurigaan surat yang dibawa penumpang Saudari S. Sebagai porter, ia membawa lima surat yang mencurigakan," kata Agung.

Dari kecurigaan itu, petugas melapor kepada Polresta Pekanbaru dan Polda Riau untuk ditindaklanjuti. Setelah itu, dilakukan pemeriksaan dengan cepat.

"Hasilnya kami temukan N (sebelumnya ditulis AP) yang diketahui membuat surat tersebut. Ini surat-surat dibuat N dan mengakui sudah membuat surat tanpa ada pemeriksaan medis, baik antigen atau PCR," katanya.

Pelaku Sudah Buat 1.252 Surat Palsu

Agung menerangkan pelaku sudah membuat 1.252 surat bebas COVID-19 palsu. Pelaku membuatnya sejak 3 bulan lalu.

"Mereka membuat sesuai pesanan di komputer, diprint dan dijual 1 lembar Rp 50-200 ribu. Hasil pemeriksaan, kita dapatkan ada 1.252 surat yang sudah dibuat selama 3 bulan ini. Tentu ini adalah perbuatan melawan hukum yang akan kami proses," kata Agung.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Kapolda Metro Ancam Tindak Pidana Pemalsu Surat Bebas COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]