Sopir Tabrak Warga, Dinas Pertamanan DKI Upayakan Jalur Kekeluargaan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 20:12 WIB
Man holding hand of girl lying on road, unconscious victim of car accident, 911
Ilustrasi kecelakaan (Getty Images/iStockphoto/Motortion)
Jakarta -

Pria paruh baya berinisial MM (59) tewas tertabrak mobil tangki air milik Dinas Pertamanan DKI ketika berolahraga di taman BKT, Duren Sawit, Jakarta Timur. Pemprov DKI berupaya menyelesaikan permasalahan ini secara kekeluargaan.

"Jadi memang kedua pihak bersepakat secara kekeluargaan akan dipelajari lagi oleh pihak korban. Karena mereka belum mau juga komunikasi banyak sampai dengan hari Minggu," kata Kapusdatin Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Ivan Nurcahyo saat dihubungi, Jumat (4/6/2021).

Ivan mengatakan saat ini jenazah telah diantarkan ke kampung halamannya di Purworejo, Jawa Tengah. Dalam waktu dekat, Pemprov DKI akan berkomunikasi lebih lanjut dengan pihak keluarga.

"Minggu kami akan komunikasi lagi karena mereka butuh waktu untuk rembukan sama keluarga. Tapi yang pasti kami iktikad baik bersama keluarga menyelesaikan secara kekeluargaan ya," ujarnya.

Ivan memastikan pihaknya akan mengutamakan musyawarah bersama keluarga korban dalam menindaklanjuti kasus ini. Dengan begitu, dia berharap upaya ini dapat mengurangi beban duka keluarga korban.

"Nanti kita bicarakan duduk perkaranya kan nanti masing-masing pihak akan berproses di kepolisian karena ini kejadian di laka lantas," ujarnya.

Selain itu, Pemprov DKI akan melakukan pemeriksaan internal terhadap sopir untuk mendalami kasus ini. Tujuannya, memastikan apakah ada unsur kelalaian dalam insiden ini.

"Evaluasi akan kami lakukan terhadap dua hal. Pertama metode kerja kami dan SOP pengendaranya apakah ada kelalaian, dan sebagainya. Itu berjalan," tegasnya.

Sopir Ditetapkan sebagai Tersangka

Sebelumnya diberitakan, Kanit Laka Lantas Polres Metro Jakarta Timur AKP Teguh Achrianto mengatakan pengemudi mobil Dinas Pertamanan DKI kini sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Berdasarkan keterangan dua saksi bahwa pengemudi kendaraan truk tangki tersebut sudah kami tetapkan sebagai tersangka," kata Teguh.

Peristiwa tersebut terjadi jalan pinggir Banjir Kanal Timur (BKT) di Jl RS Soekamto, Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Kamis (3/6), sekitar pukul 08.30 WIB. Saat itu korban tengah berolahraga di lokasi.

Polisi telah melakukan pemeriksaan awal kepada pelaku pascakejadian tersebut. Teguh memastikan pelaku tidak dalam kondisi terpengaruh alkohol saat kecelakaan terjadi.

(isa/isa)