Jejak Andi Arief Vs Hasto: Dari Faksi Setan hingga Koalisi 2024

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 12:43 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief saling silang pendapat mengenai hoax surat suara tercoblos.
Hasto Kristiyanto (kiri) dan Andi Arief (Foto: dok. detikcom)

4. Koalisi untuk Pilpres 2024

Perseteruan kali ini diawali oleh pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang menyebut PDIP tidak cocok berkoalisi dengan Partai Demokrat. Saat itu, Hasto menyebut ada perbedaan DNA antara PDIP dan Partai Demokrat

"Dengan Demokrat berbeda, basisnya berbeda. (Demokrat) partai elektoral, kami adalah partai ideologi tetapi juga bertumpu pada kekuatan massa. Sehingga kami tegaskan dari DNA-nya berbeda kami dengan Partai Demokrat," kata Hasto dalam diskusi Para Syndicate, Jumat (28/5).

Pernyataan Hasto tersebut lantas dijawab oleh Andi Arief, yang menyebut koalisi dengan PDIP sama saja dengan bunuh diri politik.

"Menjelang 2024 ini Partai Demokrat, seperti juga partai lain, juga sedang memikirkan koalisi politik untuk pilpres. Di tengah ketidakpuasan atas pemerintah yang sudah meluas tentu kerugian besar jika Demokrat ikut dalam koalisi PDIP. Sama juga dengan bunuh diri politik. Kami memilih cara dengan cermat dan menghitung banyak aspek," ujarnya.

Selain itu, Andi Arief justru memastikan, jika ada komunikasi antara PDIP dan Demokrat, maka komunikasi itu bukan dengan kubu Hasto.

"Kami sudah menjalin komunikasi dengan PKS, Golkar, PKB, PPP, NasDem, Gerindra, dan PDIP (bukan kubu Hasto)," kata Andi Arief dikutip melalui akun Twitter @Andiarief_, Jumat (4/6/2021).


(maa/gbr)