Jejak Andi Arief Vs Hasto: Dari Faksi Setan hingga Koalisi 2024

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 12:43 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief saling silang pendapat mengenai hoax surat suara tercoblos.
Hasto Kristiyanto (kiri) dan Andi Arief (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tercatat kerap berseteru terkait sejumlah persoalan. Jejak perseteruan keduanya terjadi sejak sebelum Pilpres 2019.

Sebagaimana diketahui, perseteruan terbaru antara Andi Arief dan Hasto Kristiyanto terkait kemungkinan koalisi Pilpres 2024. Hasto beberapa hari lalu menyebut PDIP tidak cocok berkoalisi dengan Partai Demokrat.

Pernyataan Hasto itu lantas dijawab Andi Arief melalui cuitannya pada Jumat (4/6/2021), bahwa Partai Demokrat kerap berkomunikasi dengan PDIP terkait koalisi 2024. Hanya, Andi Arief menyebut komunikasi dengan PDIP non-kubu Hasto.

Berikut ini jejak perseteruan Andi Arief vs Hasto

1. Dedi Mizwar Dibajak Jadi Timses Jokowi

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pada 2018 sempat menanggapi tudingan Andi Arief, yang saat itu menjabat Wasekjen Partai Demokrat, terkait 'pembajakan' kader Demokrat Deddy Mizwar. Andi Arief saat itu menyerang Hasto secara langsung lantaran dinilai menggaet Deddy Mizwar menjadi jubir timses Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Saya tidak mengerti kenapa Ibu Megawati merestui Hasto yang rajin membajak kader Demokrat untuk gabung ke tim Jokowi. Apakah PDIP sudah sangat miskin kader berkualitas? Kami bukan hanya marah, tapi sudah taraf enek," kata Andi lewat Twitter, Kamis (30/8).

Pernyataan tersebut lantas dijawab Hasto dengan santai. Hasto menyebut PDIP tidak pernah membajak pihak lain dan Deddy Mizwar bergabung lantaran mendukung kepemimpinan Jokowi.

"PDIP tidak pernah membajak pihak lain, karena cara itu pragmatisme. Bergabungnya Deddy Mizwar itu lebih pada memberikan dukungan kepada Jokowi sebagai pemimpin yang merakyat, berdialog, mengedepankan prestasi dan kinerja," kata Hasto saat dihubungi terpisah.

Lihat juga video 'Elektabilitas Demokrat Naik, Andi Arief: Bonus KLB Deli Serdang':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.