Ace Hasan Tegaskan 11 Negara Boleh Masuk Saudi Tak Terkait Haji-Umroh

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 10:55 WIB
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan (Foto: dok. DPR)
Jakarta -

Indonesia resmi tidak memberangkatkan haji 2021 karena sejumlah pertimbangan. Terkait ramai isu kuota haji, Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily menegaskan pemerintah Arab Saudi sama sekali belum membuat keputusan apa pun.

Hal ini disampaikan Ace Hasan menanggapi beredarnya surat Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia yang ditujukan kepada Ketua DPR RI Puan Maharani. Ace menegaskan yang disampaikannya adalah informasi 11 negara yang boleh masuk Arab Saudi dan itu tidak terkait kuota haji.

"Justru saya menyampaikan bahwa sejauh ini belum ada keputusan resmi dari pihak Arab Saudi tentang berapa alokasi kuota untuk berbagai negara. Informasi resmi yang kami terima memang pemerintah Arab Saudi telah memberikan izin masuk ke negara tersebut," kata Ace Hasan dalam keterangannya, Jumat (4/6/2021).

Ace menyebutkan kesebelas negara yang boleh masuk Arab Saudi. Informasi ini juga disampaikan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi di Twitter resmi mereka. Sekali lagi, 11 negara ini bukan mendapat kuota haji, hanya diizinkan masuk:

1. Amerika Serikat
2. Inggris
3. Irlandia
4. Italia
5. Jepang
6. Jerman
7. Prancis
8. Portugal
9. Swedia
10. Swiss
11. Uni Emirat Arab

"Dan hal itu tidak terkait dengan soal haji atau umroh," ucap Ace.

"Jadi soal kuota, sampai sejauh ini belum ada informasi yang resmi disampaikan pemerintah Arab Saudi," katanya.

Pemerintah Indonesia mengumumkan nasib pemberangkatan haji 2021. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan Indonesia tidak memberangkatkan haji 2021.

"Pemerintah melalui Kementerian Agama menerbitkan keputusan Menag RI Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H 2021 M," kata Menag Yaqut dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di akun Instagram Kementerian Agama, Kamis (3/6).

(gbr/tor)