UNPERBA Dapat CSR Rp 1 Miliar, Bamsoet Harap Sarpras Meningkat

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 10:58 WIB
MPR RI
Foto: dok. MPR RI
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menghadiri penyerahan bantuan program CSR dari PT Yamaha Mataram Sakti dan PT Jest Bright Ansanti Solusindo kepada Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA).

Penyerahan bantuan dilakukan di Jakarta, Kamis (3/6). Dia mengingatkan perusahaan memiliki tanggungjawab sosial terhadap masyarakat maupun lingkungan melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Lewat CSR diharapkan perusahaan bisa berkontribusi dalam mengembangkan lingkungan serta memperbaiki kehidupan masyarakat.

"Pada hakikatnya perusahaan memiliki tanggungjawab tidak hanya kepada pemegang saham saja, tetapi juga terhadap masyarakat dan lingkungan. Terlebih di tengah Pandemi COVID-19 ini, program CSR sangat berperan dalam membantu aktivitas dan kesejahteraan masyarakat," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Jumat (4/6/2021).

Ketua DPR RI ke-20 ini berharap bantuan CSR sebesar Rp 1 miliar yang diberikan PT Yamaha Mataram Sakti dan PT JAS dapat menunjang serta meningkatkan sarana dan prasarana (sarpras) UNPERBA. Diketahui saat ini UNPERBA telah memiliki fasilitas seperti gedung 4 lantai, perpustakaan, laboratorium, serta berbagai sarana dan prasarana lainnya.

"UNPERBA yang diresmikan Menristekdikti Mohamad Nasir pada 11 April 2019, merupakan satu-satunya universitas di Purbalingga. Kehadiran UNPERBA akan mempermudah masyarakat Purbalingga dan sekitarnya yang ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi setelah lulus dari sekolah menengah atas," kata Bamsoet.

Ia menuturkan, UNPERBA memiliki 2 fakultas dan 5 program studi (prodi). Di antaranya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Prodi S1 Manajemen, Prodi S1 Akuntansi, serta Fakultas Sains dan Teknik dengan Prodi S1 Teknik Mesin, Prodi S1 Informatika dan Prodi S1 Agribisnis.

"UNPERBA bertekad menjadi kampus yang kuat secara keilmuan dan pengabdian masyarakat. Termasuk ikut andil dalam menyukseskan agenda ke-4 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030, yakni mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Terlebih, tantangan globalisasi menuntut sumber daya manusia yang mampu berkolaborasi dengan lingkungan dan masyarakat," pungkasnya.

Untuk diketahui, Bambang Soesatyo merupakan Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Karya Bhakti Purbalingga yang menaungi UNPERBA.

(prf/ega)