Sidang Suap Nurdin Abdullah, Plt Gubernur Ngaku Tak Dilibatkan Urus Proyek

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 16:22 WIB
Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman diperiksa KPK. Ia diperiksa sebagai saksi terkait kasus suap Nurdin Abdullah.
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat menjadi saksi di KPK. (Ari Saputra/detikcom)
Makassar -

Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman dan Kepala Dinas PUTR Sulsel Rudy Djamaluddin dihadirkan sebagai saksi dalam sidang pemberi suap Gubernur nonaktif Nurdin Abdullah, Agung Sucipto alias Anggu. Tak banyak fakta yang terungkap dari kesaksian keduanya karena mereka mengaku tak banyak dilibatkan dalam sejumlah proyek.

Seperti kesaksian Andi Sudirman Sulaiman di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Kamis (3/6/2021), dia mengaku tak dilibatkan oleh Nurdin saat pengerjaan proyek pedestrian wisata Bira Bulukumba dan ruas Palampang Munte di Kabupaten Sinjai dan Bulukumba. Seperti diketahui, proyek tersebut dikerjakan oleh kontraktor penyuap Nurdin, terdakwa Anggu.

"Saudara saksi, ada pengerjaan jalan ruas Palampang Munte Bonto Lempangan, Saudara tahu itu?" tanya jaksa kepada Andi Sudirman.

"Saya baru tahu waktu ada kegiatan peresmian (proyek) itu, kalau tidak salah di Sinjai," jawab Sudirman.

Sementara itu, di proyek pedestrian jalan di wisata Bira yang juga dikerjakan Anggu, Andi Sudirman lagi-lagi mengaku tak mengetahui banyak. Untuk peresmian proyek tersebut pun Andi bahkan baru tahu dari pemberitaan media massa.

"Kemudian pembangunan pedestrian jalan wisata Bira, Saudara tahu itu?" tanya jaksa.

"Saya juga tahu setelah ada di media," jawab Sudirman Sulaiman.

Jaksa KPK mengaku heran atas banyaknya ketidaktahuan Andi Sudirman terkait proyek tersebut. "Rasa-rasanya (harusnya) Wakil Gubernur tahu duluan dari media," timpal jaksa.

Terkait respons jaksa tersebut, Andi Sudirman Sulaiman mengaku tak dilibatkan. Bahkan untuk peresmian proyek itu pun Andi Sudirman mengaku tak diundang.

"Saudara tidak ikut ke Bira?" tanya KPK lagi ke Andi Sudirman.

Lagi-lagi Andi Sudirman mengaku tidak dilibatkan. "Oh tidak. Bukan tidak ikut, saya tidak diundang," jawab Andi Sudirman.

"Maksudnya tidak dipanggil bahwa temani ke sana. Kan ada kasus bahwa kami dipanggil ketika ada acara dan sebagainya. Ketika itu tidak, kami juga tidak bisa datang, nanti jadi tamu tidak diundang, Pak," tutur Andi Sudirman.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.