Klaim HP 'Merusak Sel Tubuh', Wakil Kepala BSSN Ungkit soal Nabi Musa

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 10:46 WIB
Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Komjen Pol Dharma Pongrekun (Tim 20detik)
Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Komjen Dharma Pongrekun (Foto: dok. 20detik)

FDA soal HP Bisa Merusak Sel Manusia

Lantas, bagaimana pandangan lain soal pendapat 'hp bisa merusak sel?' Dikutip dari laman resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), studi ilmiah para dokter, ilmuwan, dan insinyur FDA dalam 30 tahun ini tidak menemukan hubungan paparan energi frekuensi radio ponsel dengan masalah kesehatan, termasuk kanker.

Pula berdasarkan data di AS selama 30 tahun ini, tidak ada peningkatan kasus kanker otak yang signifikan meski penggunaan ponsel meningkat pesat. Sebaliknya, tingkat kanker otak dan sistem saraf lainnya yang didiagnosis di AS justru menurun selama sekitar 15 tahun terakhir.

Telepon seluler memang memancarkan energi frekuensi radio. Namun, berdasarkan National Cancer Institute, belum ada bukti pasti terkait pengaruh radiasi terhadap risiko penyakit kanker.

"Saat ini tidak ada bukti yang konsisten bahwa radiasi non-pengion meningkatkan risiko kanker pada manusia. Satu-satunya efek biologis yang diakui secara konsisten dari radiasi frekuensi radio pada manusia adalah pemanasan," terang laman FDA.


(rdp/tor)