KPAI Undang KPI-Kominfo soal Remaja Perankan Istri Ketiga di Sinetron Zahra

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 07:31 WIB
Ketua KPAI Dr Susanto MA
Foto: Susanto KPAI (Dokumentasi 20detik)
Jakarta -

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memastikan akan menindak lanjuti aduan masyarakat terkait sinetron Suara Hati Istri Zahra lantaran diperankan oleh artis berusia 15 tahun. KPAI menyebut akan memanggil pihak terkait untuk menjelaskan persoalan sinetron tersebut.

"Besok siang (siang ini) kami undang KPI, LSF dan Kementerian terkait untuk membahas bersama terkait hal ini. Apalagi saat ini negara memiliki konsen besar untuk peningkatan kualitas perlindungan anak maka semua sektor termasuk lembaga penyiaran harus sejalan," kata Ketua KPAI, Susanto saat dihubungi, Rabu (2/6/2021).

Susanto memastikan pihaknya akan menindaklanjut terkait keluhan dan aduan masyarakat terkait tayangan tersebut. Dia beralasan adanya artis usia 15 tahun yang memerankan salah satu peran yang tidak sesuai usianya dalam sinteron itu.

"Prinsipnya kami menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait tayangan tersebut. Karena banyak keluhan yang disampaikan masyarakat ke kami," ucapnya.

"Karena salah satu pemeran diduga masih usia anak dengan memerankan yang tidak sesuai usianya. Berharap rapat koordinasi besok menghasilkan keputusan yang terbaik untuk perlindungan anak," lanjutnya.

Diketahui, sinetron Suara Hati Istri Zahra dikecam oleh sejumlah netizen karena dianggap membiarkan praktek pedofilia. Karena, salah satu pemerannya yang bernama Lea Ciarachel berperan sebagai istri ketiga. Padahal umur Lea Ciarachel sendiri masih berusia 15 tahun.

detikcom juga telah berupaya meminta pemeran sinetron tersebut melalui DM IG. Namun keduanya belum merespons.

Tak hanya itu, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) juga buka suara. KPI telah meminta keterangan pihak Indosiar terkait sinetron Suara Hati Istri Zahra yang ramai dibicarakan di media sosial. KPI menyatakan Indosiar akan segera mengganti pemeran berusia 15 tahun yang berperan sebagai istri ketiga.

"Indosiar menerima semua masukan dan akan segera mengganti pemeran dalam 3 episode mendatang pada sinetron tersebut," ujar Wakil Ketua KPI Mulyo Hadi Purnomo, kepada wartawan, Rabu (6/2/2021).

Pemeran yang diganti itu yakni Lea Ciarachel (15). Kemudian Indosiar, kata Mulyo, akan lebih memperhatikan terkait usia para pemeran sinetron.

Simak video 'Jadi Kontroversi, Pemeran Zahra di Suara Hati Istri Akan Diganti':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/imk)