Warga Positif COVID di Lingkungan di Medan yang Diisolasi Berkurang Jadi 5

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 19:41 WIB
Suasana lingkungan yang diisolasi di Medan (Datuk-detikcom)
Foto: Lingkungan VII di Medan yang diisolasi (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Wali Kota (Walkot) Medan Bobby Nasution mengecek kegiatan swab antigen warga di permukiman yang berdampingan dengan Lingkungan VII, Kelurahan Gedung Johor, Medan Johor, yang diisolasi. Bobby juga mengungkapkan kondisi warga positif COVID-19 di Lingkungan VII yang diisolasi.

"Ini tindak lanjut dari lingkungan yang kita isolasi. Kita melakukan tracing. Pertama kan tracing memang untuk keluarga, terus di lingkungan kerja yang kemarin terpapar, positif. Sudah kita lakukan tracing. Namun di lingkungan ini coba kita tracing juga," kata Bobby di Medan, Rabu (2/6/2021).

"Hari ini tidak hanya di lingkungan yang terpapar, tapi di sekitar, karena ini kan lingkungan terbuka, jalan, habis itu dari Lingkungan VII ke lingkungan lainnya juga ada jalan-jalan. Jadi bisa aktivitas dan mobilitasnya tinggi," sambung dia.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengecek kegiatan tes antigen warga di permukiman yang berdampingan dengan Lingkungan VII, Medan Johor, Rabu (2/6/2021).Foto: Wali Kota Medan Bobby Nasution mengecek kegiatan tes antigen warga di permukiman yang berdampingan dengan Lingkungan VII. (Datuk Haris/detikcom)

Bobby menuturkan ada tiga kawasan yang berdampingan dengan lingkungan yang diisolasi. Para warga yang bermukim di kawasan yang berdampingan dengan lingkungan yang diisolasi itu dites antigen mulai siang tadi.

Bobby mengungkapkan ada 150 warga yang dites antigen siang tadi. Hasilnya, ada satu warga reaktif. Warga yang reaktif itu kini diisolasi di rumahnya sambil menunggu hasil tes PCR.

"Ini ada 150 antigen yang kita lakukan pada siang hari ini sampai sore. Ada satu yang reaktif, sudah kita isolasikan di rumah tersebut. Dan tim juga sudah ada yang datang ke rumahnya untuk dilajukan tracing ke keluarganya. Jadi kita lagi Tunggu hasil, dan yang tadi terkonfirmasi reaktif ini kita lakukan PCR. Mudah-mudahan besok keluar hasil PCR-nya," terang Bobby.

"Kalau nanti positif, kita lihat bergejala nggak. Tapi sampai hari ini tidak bergejala. Apakah bisa isolasi? Kita liat kondisi rumahnya sesuai yang kita keluarkan dari kemarin. Kalau rumahnya layak, kita lakukan isolasi mandiri, kita sarankan isolasi mandiri," imbuhnya.

Baca kondisi warga positif COVID-19 di Lingkungan VII di halaman berikutnya.