Rebutan Limbah Pabrik, 2 Kelompok Ormas di Bekasi Bentrok

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 14:49 WIB
Bentrok ormas di Bekasi, Jawa Barat (tangkapan layar)
Foto: Bentrok ormas di Bekasi, Jawa Barat (tangkapan layar)
Kabupaten Bekasi -

Bentrokan melibatkan dua kelompok ormas terjadi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Bentrokan diduga dipicu persoalan rebutan limbah pabrik.

Dua kelompok ormas di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terlibat bentrok. Kedua ormas itu bentrok diduga karena rebutan limbah pabrik.

Bentrokan terjadi di depan PT SIM di Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Bentrok terjadi sejak pagi tadi.

"Kapolres lagi di sana, ormas masalah limbah PT SIM, sengketa pengelolaan pengambilan limbah," ujar Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kompol Yulianto ketika dihubungi detikcom, Rabu (2/6/2021).

Yulianto tidak menjelaskan detail soal perebutan limbah pabrik itu. Disinyalir, salah satu ormas tak terima atas keputusan pabrik yang menyerahkan pengelolaan limbah ke ormas lain.

"PT SIM sudah menang dengan ormas A, terus ormas B pengen (limbah) gitu," jelasnya.

Limbah Scrap Mobil

Limbah yang diperebutkan adalah scrap mobil.

"Scrap-scrap gitu, mobil-mobil gitu, kan ada scrap gitu, kayak pembungkus plastiknya, biasanya diambil sisanya, mungkin pengen merebut lah," tambahnya.

Yulianto belum mengetahui ada tidaknya anggota ormas yang diamankan. Namun, kedua ormas itu masih dimediasi.

"Kapolres masih di situ, yang jelas, kalau ada permasalahan silahkan ditempuh melalui jalur hukum, yang penting bukan dengan pengerahan massa gitu," tutur Yulianto.

Dalam video yang beredar, tampak sekumpulan massa yang memakai pakaian berwarna hitam terlihat berjalan di pinggir Jalan Diponegoro. Terlihat arus lalu lintas di sekitar lokasi macet.

Lihat juga video 'Ambisi Google Jadi Perusahaan Teknologi Tanpa Limbah Karbon':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/mei)