Apa Arti Allahu Akbar? Simak Jawaban Lengkapnya

Kristina - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 14:45 WIB
Young muslim woman in beige hijab and traditional clothes praying for Allah at home
Foto: Getty Images/staticnak1983
Jakarta -

Takbir atau dalam bahasa Arab takbira (تكبير) merupakan kalimat yang memiliki kedudukan agung. Lafadz takbir berbunyi Allahu Akbar (الله أَكْبَر) yang artinya Allah Maha Besar.

Takbir mengandung makna yang luhur dan mendalam. Dikutip dari buku Fiqih Do'a dan Dzikir Jilid 1, Syaikh Aburrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr menjelaskan takbir adalah mengagungkan Rabb tabaraka wata'ala dan memuliakan-Nya. Dalam sholat, takbir disebut sebagai rukun di antara rukun sholat.

"Takbir adalah rukun di antara rukun-rukun sholat. Pengharaman sholat tidak terjadi kecuali dengan takbir. Hal ini mengindikasikan dan tanpa diragukan lagi akan kedudukan takbir dalam sholat. Bahwa sholat hanyalah perincian-perincian bagi takbir yang merupakan pengharam baginya," terang Syaikh Aburrazaq dalam bukunya seperti dikutip pada Rabu, (2/6/2021).

Al-Imam Al-Azhari dalam kitabnya Tahdzib Al-Lughah menjelaskan, Allahu Akbar dimaknai sebagai Allah lebih besar daripada yang besar sebagaimana perkataan Allah lebih mulia. Pendapat ini artinya Allah SWT bagi seorang hamba adalah lebih besar dari segala sesuatu. Tidak ada yang lebih besar dan lebih agung daripada Dia.

Pendapat serupa datang dari Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, menurutnya takbir adalah Allah bagi seorang hamba lebih besar dari segala sesuatu. Sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad SAW sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ahmad, At-Tirmidzi, Ibnu Hibban dengan sanad yang jayyid:

Dari Addi bin Hatim, Rasulullah SAW bersabda: "Wahai Addi, apa yang membuatmu lari? Apakah perkataan laa ilaaha illallah (tidak ada sesembahan yang haq kecuali Allah) membuat engkau lari? Apakah engkau tahu ada sesembahan selain Allah? Wahai Addi, apa yang membuatmu lari? Apakah perkataan Allahu Akbar membuat engkau lari? Apakah engkau tahu ada sesuatu yang lebih besar daripada Allah? Maka hal ini membatalkan perkataan mereka yang menjadikan 'akbar' bermakna sangat besar" (HR. Ahmad, At-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban).

Dikutip dari buku Menutur Agama Dari Atas Mimbar oleh Sehat Sultoni Dalimunthe, Allahu Akbar (Allah Mahabesar) bukan dalam pengertian ruang. Melainkan bahwa tidak ada yang menyerupai Allah dalam segala kebaikan, tidak ada yang bisa menandingi-Nya dalam segala kekuatan, dan Allah berkuasa mengatasi segala masalah hamba-Nya.

Nah, sahabat hikmah sudah tahu kan arti Allahu Akbar? Perbanyak membaca Allahu Akbar dalam rangkaian zikir sahabat hikmah ya.

(nwy/nwy)