Begini Cara Menyikapi Mimpi Buruk Menurut Islam

Kristina - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 12:50 WIB
pregnant women sit on the bed and feel depression at home
Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999
Jakarta -

Saat tidur seringkali kita mengalami beragam mimpi, termasuk mimpi buruk. Mimpi ini bisa menghantui siapa saja, tak terkecuali wanita hamil.

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam bukunya yang berjudul Roh mengatakan, secara umum mimpi terbagi menjadi tiga macam. Antara lain mimpi yang datangnya dari Allah SWT, mimpi yang datangnya dari setan, dan mimpi yang datangnya dari bisikan sanubari. Mimpi yang datangnya dari Allah SWT sering dikatakan sebagai ilham atau pertanda akan terjadinya sesuatu.

Ketiga sebab terjadinya mimpi tersebut juga diriwayatkan dalam beberapa hadits. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim sebagai berikut:

وَالرُّؤْيَا ثَلَاثَةٌ فَرُؤْيَا الصَّالِحَةِ بُشْرَى مِنْ اللَّهِ وَرُؤْيَا تَحْزِينٌ مِنْ الشَّيْطَانِ وَرُؤْيَا مِمَّا يُحَدِّثُ الْمَرْءُ نَفْسَهُ

Artinya: "Mimpi itu ada tiga: (1) Mimpi yang baik sebagai kabar gembira dari Allah. (2) mimpi yang menakutkan atau menyedihkan, datangnya dari setan. (3) mimpi yang timbul karena ilusi angan-angan atau khayal seseorang." (HR. Muslim).

Dari hadits shahih Abu Dawud juga menjelaskan bahwa mimpi yang benar adalah kabar gembira dari Allah SWT. Sementara mimpi yang menyedihkan datangnya dari setan.

وَالرُّؤْيَا ثَلَاثٌ فَالرُّؤْيَا الصَّالِحَةُ بُشْرَى مِنْ اللَّهِ وَالرُّؤْيَا تَحْزِينٌ مِنْ الشَّيْطَانِ وَرُؤْيَا مِمَّا يُحَدِّثُ بِهِ الْمَرْءُ نَفْسَهُ

Artinya: "Mimpi itu ada tiga: (1) mimpi yang benar adalah kabar gembira dari Allah, (2) mimpi yang menyedihkan adalah datang dari setan, (3) mimpi yang berasal dari lamunan-lamunan seorang." (HR. Abu Dawud).

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan oleh BMC Pregnancy and Childbirth 2016 silam, ternyata mimpi buruk lebih sering dialami oleh wanita hamil. Pada trimester ketiga, wanita hamil akan memasuki periode stres yang meningkat.

Mimpi buruk pada wanita hamil umumnya disebabkan oleh perubahan hormon, di mana kortisol kadar hormon mulai meningkat saat hamil dan mencapai puncak saat persalinan. Selain itu, wanita hamil juga kerap mengalami stres atau kecemasan yang berpengaruh pada kualitas tidur.

Penyebab lain seperti peningkatan berat badan dan tekanan pada perut juga bisa berakibat pada masalah tidur bagi wanita hamil.

Mimpi buruk yang seringkali terjadi pada wanita hamil adalah mimpi keguguran, hilang, atau terperangkap. Mimpi tersebut umumnya normal namun seringkali membuat wanita merasakan kesedihan.

Lantas, bagaimana cara menyikapi mimpi buruk menurut ajaran agama Islam? Selengkapnya simak DI SINI ya!

Lihat juga video 'Abdul Qodir Jaelani Berbagi Ilmu Islam Sampai ke Luar Negeri':

[Gambas:Video 20detik]



(nwy/nwy)