Rapat DPR-Prabowo Bahas Anggaran Belanja Alutsista Tertutup

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 10:47 WIB
Jakarta -

Komisi I DPR RI melakukan rapat kerja dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membahas anggaran belanja alutsista. Rapat dilakukan secara tertutup.

"Kita sepakati dulu mengenai sifat rapat dan kami tadi dari pimpinan sudah rembukan berhubung ini tentu terkait dengan rapat anggaran membahas di antaranya alutsista yang akan direncanakan pembeliannya dan juga sistem pertahanan negara," kata Ketua Komisi I Meutya Hafid saat membuka rapat di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Selain oleh Prabowo, rapat dihadiri Wamenhan M Herindra, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Meutya kemudian menanyakan kepada peserta rapat apakah akan dilakukan tertutup. Menurut Meutya, pembahasan alutsista dilakukan tertutup.

"Dan sebagaimana lazimnya rapat kita akan buka dengan sifat tertutup. Mitra disepakati?" ujar Meutya.

Seluruh peserta rapat kemudian menyepakati rapat pembahasan alutsista bersama Prabowo dilakukan secara tutup. Pihak yang tidak berkepentingan diminta untuk keluar dari ruang rapat.

(rfs/gbr)