Round-Up

Jurus Mabuk Mika Sanjaya Jadi Kolor Ijo di Sumatera Utara

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 06:35 WIB
Jakarta -

'Kolor ijo' yang sempat menggegerkan warga Langkat, Sumatera Utara (Sumut) akhirnya ditangkap. Sosok kolor ijo itu ternyata diperankan oleh pria bernama Mika Sanjaya. Mika sempat menenggak tuak sebelum menjadi kolor ijo.

Kasus kolor ijo ini viral pada akhir Mei lalu. Aksi kolor ijo itu terekam CCTV dengan durasi 32 detik.

Dalam video tersebut terlihat seseorang berjalan tanpa memakai baju dan celana masuk ke teras rumah salah satu warga. Orang tersebut terlihat memakai penutup kepala berwarna oranye.

Peristiwa itu disebut terekam di salah satu rumah warga di Desa Sendang Rejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, pada 23 Mei 2021, pukul 03.41 WIB. Pria yang dinarasikan sebagai kolor ijo itu terlihat berupaya masuk ke rumah tersebut.

Warga bernama Surianto menceritakan sosok tersebut sering dikejar masyarakat. Namun, setiap dikejar warga, ia selalu berhasil lolos.

"Rekaman CCTV yang beredar itu di rumah tetangga saya. Di sini nggak ketangkap," katanya.

Dugaan Perkumpulan Sesat

Mulanya, aksi kolor ijo itu diduga merupakan perkumpulan sesat. Sebab, pernah ada di kampung lain yang berhasil menangkap sosok tersebut.

"Di kampung lain ya sama kelakuannya. Tapi lain orang lagi, seperti perkumpulan sesat orang itu," Surianto, Selasa (25/5/2021).

Dosen antropologi Universitas Negeri Medan (Unimed) Erond L Damanik mengatakan kolor ijo itu digambarkan dengan sosok manusia kecil. Kolor ijo ini disebut mitos di masyarakat Jawa.

"Itu kan manusia kecil yang dikatakan memiliki celana pendek berwarna hijau. Itu sebenarnya mitos Jawa," ucap Erond.