Round-Up

Kode Copras-capres di Balik Ucapan Selamat Anies-Ridwan Kamil

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 06:30 WIB
Presiden Joko Widodo mengundang Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Gubernur Banten Wahidin Halim serta bupati dan walikota yang daerahnya terdampak banjir, Rabu (8/1/2020).
Anies Baswedan dan Ridwan Kamil di Istana (Foto: BPMI)
Jakarta -

Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saling berbalas ucapan selamat atas capaian opini wajar tanpa pengeculian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Ucapan selamat itu dinilai sebagai komunikasi politik jelang Pilpres 2024.

Mulanya, Anies Baswedan menyampaikan ucapan selamat melalui akun Twitter resminya @aniesbaswedan pada Senin (31/5/2021). Anies me-retweet cuitan Ridwan Kamil.

"Jawa Barat meraih penghargaan tertinggi WTP (wajar tanpa pengecualian) dari @bpkri yang ke-10 kali secara berturut-turut. Pengumuman ini disampaikan Wakil Ketua BPK, Bapak Agus Joko Pramono dalam sidang paripurna DPRD Jawa Barat," demikian twit Ridwan Kamil melalui akun Twitter resminya, @ridwankamil, Senin (31/5/2021).

"Selamat, Kang!" tulis Anis me-retweet cuitan Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil Membalas

Ridwan Kamil kemudian kemudian membalas ucapan tersebut. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengucapkan selamat kepada Anies Baswedan atas capaian WTP DKI Jakarta empat kali berturut-turut.

"Hatur Nuhun Mas Anies. Sukses juga untuk DKI pencapaian WTP 4 kalinya," ungkap RK.

Dinilai Sebagai Komunikasi Politik Pilpres 2024

Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs, Ahmad Khoirul Umam, mengatakan ucapan Anies dan Ridwan Kamil itu sebagai solidaritas sesama kepala daerah. Menurutnya, kedua kepala daerah itu saling memberikan ucapan sebagai bentuk rasa lega dari capaian kinerja yang sudah dikerjakan.

Ucapan Mas Anies ke Ridwan Kamil adalah ekspresi solidaritas sebagai sesama kepala daerah, yang tengah berjuang menjalankan pemerintahan lokal yang sangat ketat secara anggaran, dan pengawasan di masa pandemi. Jadi status WTP dari BPK itu memberikan rasa lega bagi mereka," kata Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs, Ahmad Khoirul Umam, kepada wartawan, Selasa (1/6/2021).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Survei Capres Puspoll: Prabowo Teratas, Anies-Ganjar Membayangi'':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2