Analisis Pakar soal Kolor Ijo yang Bikin Geger Warga Langkat Sumut

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 06:17 WIB
Screenshot video viral kolor ijo di Langkat, Sumut
Kolor ijo (Foto: dok. Istimewa)
Langkat -

Warga Langkat, Sumatera Utara (Sumut), digegerkan oleh viralnya video kolor ijo yang tengah mengintip seorang perempuan yang sedang tidur. Pakar psikologi forensik, Reza Indragiri, menilai aksi pelaku berhubungan dengan perdukunan.

"Dalam kasus kolor ijo sepertinya pelakunya pakai klenik. Perdukunan," jelas Reza kepada detikcom, Selasa (1/6/2021),

Reza menyebut aksi pelaku dengan bertelanjang menjadi alasan kuat dugaan perdukunan itu. "Telanjang, cuma pakai ikat kepala. Sebelum beraksi pun, dengan tampilan seperti itu dia bisa dihajar massa," jelas Reza.

Kolor ijo itu diketahui juga meminum tuak sebelum beraksi. Reza menduga hal tersebut merupakan cara agar pelaku tetap tenang saat beraksi.

Meski terbilang aneh, terang Reza, tindakan pelaku bisa masuk ranah pidana. Mulai dari aksi pornografi atau telanjang di tempat umum hingga aksi mengintip.

"Walau tindak-tanduknya terkesan aneh sekaligus kocak, tapi bahaya itu orang. Eskalasi kejahatan," imbuh Reza.

Polisi usut sosok kolor ijo bikin geger warga Langkat, Sumut (dok Istimewa)Foto: Polisi usut sosok kolor ijo bikin geger warga Langkat, Sumut (dok Istimewa)

Psikolog Klinis Ciputra Medical Center, Christina Tedja angkat bicara terkait kasus kolor ijo ini. Ia menyebut aksi kolor ijo bisa mengarah ke dua hal yang berbeda.

"Dalam kasus "kolor ijo" yang terlampir, jika pelaku melakukan proses mengintip demi mendapatkan sensasi seksual dan memuaskan nafsu seksual tersebut maka kita bisa masukan hal tersebut dalam istilah paraphilia," kata Christina.

"Namun, jika tujuan pelaku tidak demikian maka kita perlu lihat dari aspek lainnya, seperti kepercayaan atau suspicious belief yaitu kepercayaan yang salah atau tidak terbukti secara scientific. Hal ini juga kita bisa sebut sebagai delusi. Misalnya kepercayaan jika mau kaya harus ngintip wanita tidur," lanjutnya.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak video 'Sosok Kolor Ijo yang Gegerkan Langkat Sumut Terkuak!':

[Gambas:Video 20detik]