Firli Minta Sekjen KPK Tegas Tegakkan Aturan ke Seluruh Pegawai

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 18:04 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri berkunjung ke kantor BPK
Ketua KPK Firli Bahuri (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Ketua KPK Firli Bahuri sempat menyampaikan kata-kata mutiara saat menyampaikan pidato di acara pelantikan Sekjen dan Direktur Pencegahan KPK. Firli juga menyampaikan kata bijak ini untuk seluruh pegawai KPK yang dilantik menjadi aparatur sipil negara (ASN).

"Perkenankan kami menyampaikan beberapa kata bijak sebagai penyemangat kita semua selaku anak bangsa dalam mengabdikan diri kepada masyarakat," kata Firli saat berpidato seperti disiarkan langsung di YouTube KPK, Selasa (1/6/2021).

Kata bijak pertama Firli mengatakan bahagia itu bukan berarti memiliki segalanya. Tapi bahagia adalah tidak membandingkan milik kita dengan milik orang lain dan tetap mensyukuri apa pun yang kita miliki.

"Menerima diri sendiri apa adanya adalah awal dari seluruh kebahagiaan," kata Firli.

Kedua, Firli meminta seluruh pegawai KPK yang dilantik berusaha dan menjadi orang yang berhasil. Ketiga, dia mengingatkan agar para pegawai KPK belajar dari kesalahan.

"Berusahalah, bukan untuk menjadi manusia yang berhasil, tetapi untuk menjadi manusia yang berguna. Manusia sempurna bukanlah manusia yang tanpa berbuat salah, tapi yang biasa dari kesalahannya untuk mencapai kesempurnaan. Ingatlah, Allah selalu memberi kelebihan di balik kekurangan, Allah selalu memberikan kekuatan di balik kelemahan," katanya.

Terakhir, mantan Kapolda Sumsel itu mengingatkan, setiap keputusan ada risiko. Dia mengingatkan seluruh pegawai KPK berani mengambil risiko apa pun itu.

"Tidak mudah mengambil keputusan karena semua pasti tidak luput dari risiko, tapi risiko paling besar akan ada, etika kita tidak mengambil risiko, the biggest risk is not taking any risk. Situasi memang sulit. Tapi, walaupun kondisi sesulit apa pun, kita harus mengambil pilihan di antara pilihan yang tidak mudah. Situation is very difficult. But although in the most difficult situation, we have choice the alternative good chosen among which is not easier," tutur Firli.

Firli Menitipkan Pegawai ke Sekjen

Dalam kesempatan ini juga, Firli berpesan ke Sekjen KPK Cahya Hardianto Harefa agar membina pegawai KPK. Firli meminta Cahya bersikap tegas menegakkan aturan ke seluruh pegawai KPK.

"Selamat atas pelantikan sebagai Sekjen, selamat pelantikan sebagai ASN, dan kita berharap Pak Sekjen terus sesuai sumpah jabatan ASN, setia Pancasila dan jalankan peraturan undang-undang selurus-lurusnya. Bapak sebagai Sekjen harus tegas menegakkan seluruh aturan kepada seluruh yang berlaku di KPK," kata Firli.

Dia juga meminta Cahya menjalankan fungsi Sekjen sebagaimana mestinya. Dia menyerahkan segala aturan berkaitan dengan pegawai KPK kepada Cahya.

"Bapak Sekjen berserta perangkat eselon pejabat struktural dan segenap insan KPK, Bapak adalah pengemban fungsi-fungsi manajemen, mulai perencanaan, pengorganisasian, pelaksana pengawasan. Selaku Sekjen, Saudara diberi kewenangan dalam bidang administrasi, dalam bidang keuangan, sebagai kuasa pengguna anggaran, dan dalam bidang kepegawaiannya mengelola tata kelola SDM, karena Sekjen pejabat pembina kepegawaian," ucap Firli.

Selanjutnya >>>