Zulhas Sambut Peluang Koalisi dengan PDIP: Suatu Kehormatan

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 16:38 WIB
Ketum PAN Zulkifli Hasan
Zulkifli Hasan (Luqman Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) menyambut peluang partainya berkoalisi dengan PDIP. Zulhas menyebut ajakan koalisi tersebut merupakan sebuah kehormatan.

"Pernyataan (Sekjen PDIP) Pak Hasto itu tentu kehormatan. PDIP kan partai besar, mengajak kami untuk koalisi itu suatu kehormatan," kata Zulhas di Pusdaloka, Nusantara IV, kompleks gedung DPR RI, Selasa (1/6/2021).

Zulhas menyebut PAN juga tidak menutup kemungkinan membuka peluang berkoalisi dengan partai lain. Terlebih, nanti di pemilihan presiden nanti, lanjutnya, perlu 20 persen suara parlemen.

"Tentu dengan teman-teman lain, juga Partai Golkar, Gerindra, NasDem, PKS, tentu karena memang 20 persen nggak bisa sendiri. Jadi, kalau kita diajak, itu partai-partai lain menghormati kita, tentu kita ucapkan terima kasih," ujar Zulhas.

Zulhas sendiri menyebut PAN belum mengambil sikap akan berkoalisi dengan partai mana. Pihaknya masih ingin fokus menghadapi pandemi COVID-19 dan permasalahan bangsa.

"Tentu kita fokus dulu, COVID kan banyak lagi, kemudian ekonomi kita berat. Saya imbau ajak teman-teman ayo kita hentikan saling hujat, kita ini saudara, kita sudah kenyang diadu domba. Ayo, kita hentikan soal kampret-cebong, macam-macam. Kita hentikan. Kalau tidak bersatu, Indonesia tidak bisa bersatu," ungkapnya.