Kapolri: Laksanakan 3M dan Vaksinasi Wujud Kecintaan pada Pancasila

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 11:14 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (tengah)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (tengah) (Foto: dok. Humas Polri)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memperingati Hari Lahir Pancasila dengan mengajak seluruh elemen masyarakat bersatu melawan dan memerangi pandemi COVID-19. Dia meminta agar nilai Pancasila ditanamkan untuk melawan COVID-19.

"Menanamkan nilai Pancasila di tengah pandemi COVID-19 dapat dilakukan dengan gotong royong, bersatu, dan bergandengan tangan sebagaimana butir ketiga Pancasila 'Persatuan Indonesia' dalam melawan dan memerangi pandemi COVID-19, yang saat ini sedang dihadapi oleh Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya," ujar Sigit melalui keterangan tertulis, Selasa (1/6/2021).

Sigit berpendapat Pancasila harus menjadi landasan yang kuat untuk masyarakat bersama dengan pemerintah bersatu memberantas virus Corona. Dengan demikian, kata Sigit, Indonesia jadi lebih tangguh dalam perang melawan COVID-19.

"Tingginya semangat persatuan dan kesatuan dari seluruh lapisan masyarakat bersama dengan pemerintah, maka dapat terwujud Indonesia yang tangguh ketika menghadapi virus Corona saat ini," katanya.

Selain itu, Sigit mengungkapkan adanya persatuan antara masyarakat dan pemerintah bisa memperbaiki perekonomian serta kehidupan sosial yang terganggu oleh COVID-19. Refleksi Hari Lahir Pancasila saat ini, tambah Sigit, juga dapat diimplementasikan dengan kesadaran kedisiplinan dari masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Dia meminta masyarakat harus memberikan dukungan kepada seluruh kebijakan pemerintah dalam rangka memutus mata rantai virus corona. Salah satunya adalah dengan berperan aktif dalam PPKM Mikro.

"Kedisiplinan protokol kesehatan dapat menjadi kunci untuk Indonesia segera bisa keluar dari pandemi COVID-19. Dukungan dari masyarakat untuk turut serta dan berperan aktif dalam pelaksanaan PPKM Mikro, vaksinasi nasional, serta penguatan 3M dan 3T, juga bisa menjadi bentuk nasionalisme atau wujud kecintaan terhadap Pancasila," imbuh Sigit.

(lir/lir)