Hari Lahir Pancasila, Monumen Pancasila Sakti Sepi Pengunjung

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 10:55 WIB
Monumen Pancasila Sakti
Monumen Pancasila Sakti sepi pengunjung, Selasa (1/6/2021) (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Hari Lahir Pancasila jatuh pada hari ini. Sejumlah warga berdatangan ke Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, namun situasi terpantau sepi.

Pantauan detikcom, Selasa (1/6/2021) pagi, suasana di Monumen Pancasila Sakti relatif sepi pengunjung. Sejumlah warga terlihat berolahraga di lokasi, seperti joging dan bersepeda.

Sejumlah warga terlihat mengunjungi tugu Monumen Pancasila Sakti dan Lubang Buaya. Mereka lantas berfoto dengan gaya hormat ke patung para jenderal yang gugur dibantai PKI.

Salah satu pengunjung, Fadli (42), menjelaskan sengaja datang ke Monumen Pancasila Sakti untuk berolahraga sambil memperingati Hari Lahir Pancasila. Dia mengklaim baru pertama kali ke lokasi tersebut.

"Iya, cari momentum. Jadi hari libur, hari kita memperingati Hari Lahir Pancasila dan sembari olahraga. Kita datang ke sini lihat-lihat, memperingati kelahiran Pancasila. Momentumnya kan juga pas tempat Lubang Buaya. Jadi ya olahraga, ketemu teman-teman. Ya kita memperingati. Jujur saja saya baru pertama kali ke sini. Makanya jadinya hype-nya saya dapat," ujar Fadli saat ditemui.

Fadli menegaskan pandemi COVID-19 tidak boleh menjadi penghalang dalam persatuan Indonesia, yang dia nilai kini lebih individualis lantaran hanya di rumah saja. Fadli berharap peringatan Hari Lahir Pancasila ini membuat Indonesia tetap bersatu.

"Ya dengan kondisi pandemi begini, udah setahun, kita harus tetap bersatu. Apalagi Pancasila ini salah satu pilar bangsa. Jadi ya kita sebagai generasi muda ya kita harus bisa saling memupu rasa Pancasilais kita. Jangan sampai tergerus dengan modernisasi. Apalagi pandemi ini mungkin bikin lebih individualis, karena kan nggak boleh ke mana-mana. Tapi kita harus tetap bersatu sebagai bangsa," katanya.