20 Pejabat Dinkes Banten Mundur, Komisi II Minta Kemendagri Tak Pangku Tangan!

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 09:26 WIB
Sekretaris Bidang Sosial dan Kebencanaan DPP PKB, Luqman Hakim (Dok. istimewa)
Luqman Hakim (dok. Istimewa)
Jakarta -

Pengunduran diri 20 pejabat di lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten imbas kasus korupsi tengah ditelusuri oleh Kejari Banten. Komisi II DPR RI meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) turun tangan mengenai kasus itu.

"Untuk menjernihkan masalah yang terjadi di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Banten, saya minta Kementerian Dalam Negeri bersikap proaktif dengan melakukan langkah-langkah strategis terhadap Pemprov Banten agar lingkungan kerja di Dinkes Provinsi Banten dapat kembali kondusif," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim kepada wartawan, Senin (31/5/2021).

Kemendagri juga diminta memberikan pendampingan mengenai masalah yang dihadapi Dinkes Banten ini. Dia mewanti-wanti pengunduran diri sejumlah pejabat eselon III dan IV Pemprov Banten ini mengganggu penanganan Corona.

"Meminta penjelasan dan memberikan pendampingan agar masalah-masalah di Dinkes Provinsi Banten dapat dicarikan jalan penyelesaian terbaik. Jangan sampai masalah ini berlarut-larut dan mengganggu penanganan COVID-19 di Provinsi Banten," kata dia.

Luqman mengatakan pandemi Corona masih belum berakhir. Pimpinan Komisi II dari Fraksi PKB itu meminta seluruh jajaran pemerintah daerah untuk bersabar dan memastikan program pengendalian Corona berjalan lancar.

"Ingat, pandemi COVID-19 belum berakhir. Butuh kerja keras dan kekompakan seluruh pihak untuk memastikan program pengendalian COVID-19 dapat dilaksanakan dengan baik. Kita juga sedang menghadapi kemungkinan naiknya jumlah angka penularan COVID-19 akibat libur panjang Lebaran kemarin," imbau Luqman.

"Mohon semua pihak bersabar dan menahan diri menghadapi situasi ini. Karena keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi yang harus dijunjung bersama," imbuhnya.

Luqman mengaku prihatin atas pengunduran diri pejabat ini. Dia menekankan tugas Dinkes harus ekstra saat pandemi ini.

"Saya turut sedih dan prihatin dengan kejadian ini. Teman-teman di lingkup dinas kesehatan, selama pandemi ini tentu bekerja ekstrakeras sebagai ujung tombak penanganan pandemi COVID-19 yang sudah berjalan setahun lebih ini. Tentu teman-teman ini layak mendapatkan apresiasi dan penghargaan yang tinggi dari kita semua," jelasnya.

Simak selengkapnya di halaman berikut

Selanjutnya
Halaman
1 2