Hari Kelahiran Pancasila

Melihat Kembali Sejarah Hari Lahir Pancasila

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 06:46 WIB
Miniatur pancasila
Ilustrasi (Foto: BPIP)
Jakarta -

Tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Bagaimana sejarah lahirnya dasar negara itu. Berikut sejarah singkatnya.

Istilah Pancasila mulai diperkenalkan di sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Sidang pertama BPUPKI berlangsung pada 29 Mei hingga 1 Juni tahun 1945.

Pancasila kemudian ditetapkan ditetapkan sebagai dasar negara. Pancasila juga ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Berikut sejarah singkat hari lahirnya Pancasila:

Sidang Pertama BPUPKI

Dikutip dari website BPIP, Hari Lahir Pancasila bermula dari sidang pertama BPUPKI atau dikenal Dokuritsu Junbi Cosakai. Sidang pertama BPUPKI itu dibuka pada 28 Mei 1945, namun mengenai dasar negara dibahas pada hari berikutnya.

Adanya sidang ini berawal dari kekalahan Jepang pada perang pasifik, Jepang kemudian berusaha mendapatkan hati rakyat Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia dan membentuk sebuah Lembaga yang tugasnya untuk mempersiapkan hal tersebut.

Lembaga itu dinamai Dokuritsu Junbi Cosakai. Padang singa pertamanya di tanggal 29 Mei 1945 para anggota membahas mengenai tema dasar negara.

Sidang pertama BPUPKI ini berjalan selama 5 hari. Pada rapat di tanggal 29 Mei 1945, Muhammad Yamin memberikan 2 usulan.

Lima usulan yang disampaikan Muhammad Yamin sebagai dasar negara yaitu, Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat.

Tonton video 'Hari Lahir Pancasila, Jokowi: Waspada Rivalitas Antarideologi':

[Gambas:Video 20detik]



Simak lahirnya istilah Pancasila pada halaman selanjutnya.