Komnas HAM Akan Periksa Pimpinan KPK Terkait Laporan TWK Minggu Ini

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 06:08 WIB
Beka Ulung Hapsara
Beka Ulung Hapsara (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Komnas HAM masih mendalami laporan pegawai KPK yang tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK). Komnas HAM memperkirakan pemeriksaan pimpinan KPK akan digelar pekan ini.

"Paling cepat minggu ini (pemeriksaan pimpinan KPK)," kata Komisioner Komans HAM, Beka Ulung Hapsara kepada wartawan, Senin (31/5/2021).

Beka mengatakan Komnas HAM belum bisa memutuskan nama-nama pimpinan KPK yang akan dimintai keterangan. Sebab, saat ini pihaknya masih mendalami keterangan yang telah disampaikan oleh pengadu.

"Belum diputuskan (pimpinan KPK yang diperiksa) karena tergantung pada keterangan yang diberikan oleh pengadu," jelasnya.

Pada Senin kemarin, Komnas HAM, kata Beka telah meminta keterangan dari wadah pegawai KPK. Selanjutnya, Komnas HAM akan meminta keterangan dari pimpinan KPK hingga Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Hari ini kami meminta keterangan dari pengurus wadah pegawai KPK. Belum ada kesimpulan karena masih membutuhkan keterangan dari pimpinan KPK, BKN dan lembaga lain terkait," jelasnya.

Seperti diketahui, Komnas HAM pada Senin (24/5) lalu, menerima laporan Novel Baswedan dkk terkait penonaktifan 75 pegawai KPK. Novel datang ke Komnas HAM dengan didampingi beberapa pegawai dan lembaga hukum seperti Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Muhammadiyah. Mereka terlihat menggunakan kaus bertulisan 'Berani Jujur Pecat'.



Simak Video "Komnas HAM: Ada Temuan Baru Aduan Novel Baswedan Cs"
[Gambas:Video 20detik]
(lir/zak)