Pelantikan Pegawai KPK Jadi ASN Tetap Digelar Besok

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 20:21 WIB
Gedung baru KPK
Gedung KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

KPK tetap akan menggelar pelantikan 1.271 pegawai yang lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) menjadi ASN besok. Pelantikan itu diketahui akan digelar di Gedung Merah Putih KPK pukul 14.00 WIB.

"Saya dapat undangan pelantikan besok jam 14.00," kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana, kepada wartawan, Senin (31/5/2021).

Sementara itu, hal tersebut juga dibenarkan salah satu sumber detikcom. Para pegawai yang akan dilantik besok diketahui telah melakukan geladi bersih untuk acara pelantikan besok.

"Benar, itu rekan-rekan baru pada selesai geladi bersih," kata salah satu sumber tersebut.

Dia menyebut pelantikan ASN khusus pegawai akan dilaksanakan pada pukul 15.30 WIB. Sedangkan untuk pelantikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK dilaksanakan pagi hari.

"(Digelar pukul) 15.30 untuk pegawai. Paginya akan ada pelantikan Sekretaris Jenderal," ujarnya.

Para pegawai tersebut sebelumnya sempat meminta pelantikan tersebut untuk ditunda. Namun pimpinan KPK menolak permintaan tersebut.

"Baik-baik saja (soal permintaan penundaan). Menghargai tindakan solidaritas, tapi menolak permohonan penundaan. Alasan menolak permohonan, karena sudah kesepakatan dengan beberapa lembaga, yaitu MenPAN-RB, BKN, LAN, dan Kumham," ujarnya.

KPK Ingin Pelantikan Pegawai KPK ke ASN Dilakukan Sesegera Mungkin

Sebelumnya, KPK mengungkap alasan ingin melantik ratusan pegawai KPK yang lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) sesegera mungkin. KPK menyebut komitmen pelantikan yang direncanakan 1 Juni 2021 itu dilakukan agar sekaligus memperingati hari lahir Pancasila.

"Sesungguhnya komitmen kami untuk melantik pada tanggal 1 Juni hal tersebut untuk memperingati dan menghormati Hari lahir Pancasila," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada wartawan, Minggu (30/5).

Belakangan, keinginan KPK melantik pada 1 Juni pun diminta ditunda oleh ratusan pegawai KPK lantaran persoalan tes wawasan kebangsaan. Ghufron menyebut sebetulnya dipilihnya momen 1 Juni itu agar menunjukkan para pegawai KPK Pancasilais.

"Sehingga secara simbolik untuk menyatakan bahwa pegawai KPK Pancasilais," tuturnya.

Meski demikian, Ghufron menyebut pimpinan KPK mengapresiasi keinginan pegawai KPK agar pelantikan ASN pada 1 Juni 2021 ditunda. Mengenai jadi atau tidaknya pelantikan pegawai KPK yang lolos TWK di 1 Juni mendatang, dia mengatakan KPK akan menginformasikannya segera mungkin.

"Namun solidaritas juga substansialnya merupakan pengamalan sila persatuan yang juga kami apresiasi. Sehingga rencananya (pelantikan pegawai KPK menjadi ASN ini) akan kami bahas besok Senin. Hasilnya kita kabarkan selanjutnya," katanya.

Lihat Video: MAKI Bawa Perkara Pemberhentian 51 Pegawai KPK ke MK

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)