Kemenag Akan Revitalisasi 100 KUA di Indonesia Tahun Ini

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 15:36 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas (Istimewa)
Foto: Menag Yaqut Cholil Qoumas (Dok: Istimewa)
Jakarta -

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Kementerian Agama (Kemenag) akan merevitalisasi 100 kantor urusan agama (KUA) di Indonesia. Revitalisasi ini untuk meningkatkan kemampuan KUA di Tanah Air.

"Kami berharap di tahun 2021 ini akan diterapkan program revitalisasi KUA pada 100 KUA di seluruh Indonesia," kata Menag Cholil Yaqut Choumas dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (31/5/2021).

Menag Yaqut menjelaskan sudah ada enam KUA yang menjadi contoh revitalisasi, yakni KUA Kecamatan Ciawi Gebang, KUA Kecamatan Banjarnegara, KUA Kecamatan Sewon, KUA Kecamatan Gunung Sugih, dan KUA Kecamatan Biringkanaya.

"Sementara 6 KUA di antara program revitalisasi ini akan menjadi contoh atau sebagai KAU model," ujarnya.

Revitalisasi KUA memiliki tiga tujuan. Pertama, sebagai bagian perbaikan infrastruktur; kedua, perluasan cakupan layanan KUA; dan ketiga peningkatan kuantitas dan kualitas SDM KUA.

"Di samping program revitalisasi KUA ini, Kemenag juga sedang mengupayakan peningkatan status lahan KUA, karena saat ini sebanyak 2.609 KUA tidak berdiri di atas lahan Kemenag," ungkap Yaqut.

"Kondisi ini menyulitkan dalam upaya peningkatan infrastruktur, karena tidak sepenuhnya syarat pembangunan gedung KUA melalui salah satu sumber pendanaan yang ada, yaitu SBSN (surat berharga syariah negara)," imbuhnya.

(rfs/zak)