Kemenag Bakal Gelar Bimtek Demi Tambah Keilmuan-Integritas Kebangsaan Dai

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 14:53 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berada di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (3/3/2021) untuk bertemu pimpinan KPK. Menag diterima Ketua KPK Firli Bahuri didampingi Wakil Ketua Alexander Marwata, Nurul Ghufron dan Nawawi Pomolango. Pertemuan Menag dan KPK terkait  terkait pencegahan korupsi  di lingkungan Kemenag.   Menag juga menyampaikan pentingnya kerja sama pencegahan dan koordinasi supervisi dari KPK mengingat kerawanan dan potensi korupsi terkait tugas dan kewenangan Kemenag. Salah satunya terkait penyelenggaraan haji dan umroh.
Menag Yaqut (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta -

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar bimbingan kepada para dai atau penceramah agama. Dai yang sudah mengikuti bimbingan teknis (bimtek) akan mendapatkan sertifikat dari Kemenag.

"Para dai yang sudah mengikuti Bimtek akan memperoleh sertifikat kompetensi yang diterbitkan Kementerian Agama," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat kerja bersama Komisi VIII, di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (31/5/2021).

Bimbingan kepada para dai ini bakal melibatkan ormas Islam dan lembaga dakwah. Bimbingan ini untuk meningkatkan kompetensi dasar para dai.

Dia mengatakan bimtek ditujukan untuk meningkatkan kemampuan para dai merespons isu aktual di masyarakat. Strategi metode dakwah diharapkan mengedepankan pada wawasan kebangsaan.

Bimtek akan diselenggarakan oleh Ditjen Bimas Islam Kemenag baik di pusat dan tingkat daerah. Kemenag menggandeng ormas Islam dalam program ini.

"Diharapkan para dai yang sudah terbina akan bertambah wawasan dan kompetensi keilmuannya dan memiliki integritas kebangsaan yang tinggi untuk menyiarkan dakwah kepada masyarakat tempatnya berdomisili melalui pendekatan kultur dan budaya setempat," tuturnya.

Simak juga video 'Blak-blakan di Balik Kontroversi Sertifikasi Dai Kemenag - MUI':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/haf)