Menag: Arab Saudi Belum Juga Beri Kepastian Haji 2021

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 13:52 WIB
Jakarta -

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebut belum ada kepastian soal ibadah Haji 2021. Menag Yaqut menyebut Pemerintah Arab Saudi hingga kini belum memberi kepastian.

"Pemerintah Kerajaan Arab Saudi hingga saat ini belum juga memberikan kepastian, sekali lagi belum memberikan kepastian, apakah penyelenggaraan Haji 1442 H atau 2021 Masehi akan dilaksanakan seperti halnya tahun 2020 yang lalu," kata Menag Yaqut dalam rapat kerja dengan Komisi VIII di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (31/5/201).

Pada tahun lalu, Arab Saudi tetap melakukan ibadah haji, namun hanya untuk warga dalam negeri mereka. Sementara tahun ini belum ada kepastian soal ibadah haji dari Arab Saudi.

"Yaitu jemaah dalam negerinya atau akan mengundang jemaah haji dari luar Arab Saudi," ujarnya.

Menurut hitungan terkini, kepastian ibadah haji hanya menyisakan waktu 1 bulan lebih. Namun, Kemenag hingga kini masih terus menyiapkan seluruh persiapan ibadah haji.

"Hitungan kami waktu yang tersisa sampai closing date bandara Arab Saudi yang jatuh pada tanggal 4 Zulhijah 1442 H atau 4 Juli 2021 tinggal sekitar 1 setengah bulan," imbuhnya.

(rfs/gbr)