Tak Ada Indonesia, 11 Negara Ini Sudah Diizinkan Masuk Arab Saudi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 13:36 WIB
Jubir TKN Jokowi-Maruf, Ace Hasan Syadzily
Ace Hasan Syadzily (Dok. Pribadi)
Jakarta -

Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad mendengar informasi bahwa Indonesia tidak mendapat kuota haji tahun ini. Komisi VIII DPR menyebut Indonesia memang belum termasuk negara yang diizinkan masuk Arab Saudi.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily menyebut sejauh ini belum ada keputusan resmi dari Arab Saudi tentang berapa alokasi kuota haji untuk berbagai negara. Namun, Ace menambahkan, informasi resmi menyebutkan 11 negara sudah mendapat izin masuk Arab Saudi.

"Informasi resmi yang kami terima memang Pemerintah Arab Saudi telah memberikan izin masuk ke negara tersebut," kata Ace saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (31/5/2021).

Dilihat di Twitter resmi Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, @MOISaudiArabia, 11 negara diizinkan masuk, dari Amerika Serikat, Jepang, hingga Uni Emirat Arab.

Berikut ini 11 negara yang sudah diizinkan masuk Arab Saudi:

1. Amerika Serikat
2. Inggris
3. Irlandia
4. Italia
5. Jepang
6. Jerman
7. Prancis
8. Portugal
9. Swedia
10. Swiss
11. Uni Emirat Arab

Kembali ke Ace, dia menyebut Indonesia memang tidak masuk ke dalam negara yang diizinkan masuk Arab Saudi. Soal kuota haji, dia menyebut belum ada informasi resmi dari Arab Saudi.

"Indonesia memang tidak masuk dalam negara yang belum diizinkan masuk ke negara Arab Saudi. Jadi soal kuota, sampai sejauh ini belum ada informasi yang resmi disampaikan pemerintah Arab Saudi," ujar Ace.

Terkait penyelenggaraan haji, Ace meminta keselamatan calon jemaah haji dikedepankan. Pemerintah harus mematangkan sikap sebelum memberangkatkan calon jemaah haji.

"Dalam kaitannya dengan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, prinsipnya kita harus tetap memprioritaskan keselamatan calon jemaah haji dari Indonesia. Aspek kesehatan harus menjadi pertimbangan utama," kata Ace.

"Oleh karena itu, sebelum diputuskan Pemerintah Indonesia apakah kita akan memberangkatkan haji tahun ini, harus dipastikan bahwa calon jemaah haji harus terhindar dari penularan COVID-19 yang saat ini masih melanda dunia, termasuk di Arab Saudi dan negara-negara lainnya," imbuhnya.

Simak juga video 'Arab Saudi Akan Gelar Ibadah Haji Tahun Ini':

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/tor)