Cari Kader Muda, Golkar Bondowoso Gelar Lomba Duta Golkar 2021

Nadhifa Sarah Amalia - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 09:49 WIB
Golkar
Foto: dok. Golkar
Jakarta -

Partai Golkar Kabupaten Bondowoso menggelar perlombaan Pemilihan Duta Golkar 2021 yang digelar secara online dan offline. Lomba ini disambut baik dan antusias oleh warga Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Menurut Ketua DPD Golkar Bondowoso Ady Kriesna, pemilihan Duta Golkar ini dilakukan untuk menggali potensi dan mengasah talenta generasi muda supaya dapat beradaptasi dengan perubahan zaman dan berkiprah pada level yang lebih tinggi.

"Tentu kami terinspirasi dari berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Partai Golkar Jatim. Acara yang sekarang memang tajuknya Duta Golkar Bondowoso, tapi sejatinya ini adalah wadah menggali potensi dan mengasah bakat anak muda. Merekalah wajah masa depan bangsa 20 tahun ke depan mengingat usia mereka yang muda. Duta Golkar ini bukanlah proses mencari, tapi proses memberi terutama memberi kesempatan kepada anak muda untuk berproses lebih jauh," ungkap Ady Kriesna, dalam keterangan tertulis, Senin (31/05/2021).

Adapun prosedur mengikuti lomba tersebut adalah dengan seleksi administratif dengan tes tulis dan interview untuk memasuki Top 10. Dilanjutkan dengan pembekalan, dimana peserta mendapatkan pelatihan yang berupa materi kebangsaan, ke-Golkar-an, beauty class, kepribadian, dan public speaking sebelum pada akhirnya memasuki grand final.

Para peserta yang masuk dalam grand final memiliki latar belakang beragam. Ada di antaranya tahfiz qur'an, penjaga toko, mahasiswa, pelajar, bahkan karyawan. Di antara mereka juga ada yang menguasai beberapa bahasa asing seperti bahasa Inggris dan Jepang. Dari sisi hobi dan minat juga sangat beragam seperti fashion, menyanyi, pencak silat dan lain-lain.

Ketua DPD Golkar Jawa Timur, Muhammad Sarmuji turut menghadiri grand final Pemilihan Duta Golkar, yang dilangsungkan Minggu (30/5). Ia menyambut hangat adanya perlombaan ini, sebagai ruang untuk anak muda berekspresi secara luas.

"Ini merupakan bukti bahwa Golkar memberi ruang berekspresi anak muda secara luas. Golkar tidak menjadikan anak muda sebagai obyek politik, tetapi menjadikan anak muda sebagai subyek untuk terus berkiprah dalam membangun Indonesia," ujar Sarmuji.

"Di dunia politik pun Golkar berani menampilkan anak-anak muda untuk menjadi pemimpin. Banyak ketua DPD Kabupaten/Kota se Jawa Timur yang usianya dibawah 40 tahun atau di bawahnya seperti Tuban, Bondowoso, Kota Probolinggo, Surabaya, Sidoarjo dan Kabupaten Probolinggo. Bupati termuda yang baru saja terpilih yaitu Halindra adalah juga Ketua DPD Golkar Tuban," tambahnya.

Menutup sambutannya, Sarmuji mengajak anak-anak muda bergabung ke dalam Golkar.

"Bergabunglah kalian ke Partai Golkar maka kalian akan menemukan dunia yang begitu berwarna. Kami sudah menekadkan diri untuk menjadikan Partai Golkar Jatim sebagai partainya anak muda dengan semboyan 'Golkar Jatim Asyik,'" pungkasnya.

Melalui berbagai tahapan dan sesi menjawab pertanyaan, terpilih pemenang Duta Golkar favorit atas nama Inge Miranda, Duta Golkar persahabatan putra Sandi Gustiawan dan untuk putri Adisti Eka, Duta bertalenta putra Dana Robi Wardana dan putri Jihan.

Puncaknya, juara harapan dua diraih Ahmad Firmansyah dan Kintan Hardaning, juara harapan satu Abdurrahman Wahid dan Krisdiah Saraning Putri, juara ketiga Tri Andika Ardansyah dan Vanesa Privta, juara kedua Akroman Maulana dan Inge Miranda, dan yang menjadi Duta Golkar Bondowoso adalah Yoris Abdul Latif dan Ajeng Nidya.

(prf/ega)