Seorang Pemulung Tewas Tertimbun Gunungan Sampah di TPA Makassar

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 08:44 WIB
Garis polisi, police line. Rachman Haryanto /ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi Garis Polisi (Rachman Haryanto/detikcom)
Makassar -

Seorang pemulung tewas setelah tertimbun gunungan sampah di TPA Tamangapa, Makassar, Sulawesi Selatan. Perempuan ini tewas saat hendak memilah sampah di tumpukan sampah dan barang bekas.

"Meninggal dunia yang disebabkan tertimbun dengan sampah," kata Kapolsek Manggala Kompol Edhy Supriadi saat dimintai konfirmasi, Senin (31/5/2021).

Korban yang meninggal berjenis kelamin perempuan bernama Sitti Sohrah (65). Dia tertimbun sampah pada Sabtu (29/5) siang kemarin.

Kronologi

Menurut keterangan saksi bernama Rahmawati, lanjut Edhy, beberapa rekannya sempat memperingatkan korban agar tidak mencari barang bekas di bawah ketinggian tumpukan sampah karena sangat berbahaya. Sayangnya, peringatan itu tidak didengar korban.

"Tidak lama kemudian tiba-tiba tumpukan sampah dari atas runtuh dan korban tertimbun dengan sampah sehingga saksi berteriak minta tolong untuk membantu korban," terangnya.

Dikatakannya, korban saat berhasil dikeluarkan dari tumpukan sampah sudah dalam kondisi tidak sadarkan diri. Korban sempat dibawa ke puskesmas terdekat, namun nyawanya tidak tertolong.

"Beberapa pemulung mendekat dan berusaha menolong korban yg tertimbun dengan menggunakan alat seadanya, setelah korban tertolong namun sudah tidak sadarkan diri dan meninggal dunia," imbuhnya.

(fiq/isa)