Abdee Komisaris Telkom, Ini Deretan Konser Kampanye Slank Buat Jokowi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 30 Mei 2021 10:30 WIB
Aksi Panggung Abdee Slank saat konser May Day di Jakarta. Abdee Negara atau yang akrab disapa Abdee Slank didapuk menjadi komisaris Telkom.
Abdee 'Slank' (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Abdi Negara, atau yang biasa disapa dengan Abdee 'Slank', ditunjuk sebagai komisaris PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Abdee dan band-nya merupakan pendukung Jokowi yang pernah membikin lagu 'Salam 2 Jari' dan konser untuk kampanye Jokowi.

Dukungan Abdee Slank ini dimulai pada 2014 ketika Jokowi menyambangi markas Slank di Gang Potlot, Kalibata, Jakarta Selatan. Sebetulnya, Slank sudah kerap menemani Jokowi blusukan saat pria itu masih menjadi Gubernur DKI Jakarta. Jokowi menyebut 3 alasan yang membuatnya dekat dengan Slank.

"Pertama, Slank gencar kampanye antigolput. Kedua, Slank konsisten kampanye antikorupsi. Dan yang ketiga, Slank adalah contoh revolusi mental," kata Jokowi di Gang Potlot, Selasa (27/5/2014).

Abdee saat itu tak menegaskan akan mendukung Jokowi di Pilpres 2014. Namun sinyal diberikan jelas.

"Kita ingin capres yang harus memberi harapan ke depan, yang memberi harapan yang menenangkan hati, bukan harapan dengan cara-cara agresif yang memancing konflik," kata gitaris Slank ini saat itu.

Lagu Salam 2 Jari

Salah satu cara Slank untuk mengkampanyekan Jokowi adalah dengan membuatkan lagu berjudul 'Salam 2 Jari'. Salam 2 jari ini menandakan dukungan untuk Jokowi-JK yang saat itu mendapatkan nomor urut 2. Lagu ini dinyanyikan di berbagai acara kampanye Jokowi.

Salah satunya dinyanyikan dalam konser Revolusi Harmoni untuk Revolusi Mental di Lapangan Parkir Timur, Senayan, Jakarta, Rabu (11/6/2014). Liriknya sederhana, nadanya ceria. Puluhan artis ikut menyanyikan lagu ini dalam konser tersebut.

Konser Akbar

Kontribusi Abdee 'Slank' dalam pemenangan Jokowi juga tampak dalam Konser Akbar 'Salam 2 Jari' di GBK pada 5 Juli 2014. Konser tersebut merupakan momen penting bagi kemenangan pasangan Jokowi-JK.

Calon Wakil Presiden Jusuf Kalla mendapatkan dukungan dari personel Slank, yakni Bimbim, Abdee, dan Ivan, juga Bunda Ifet, serta budayawan Jajang C Noer di Kediaman Jusuf Kalla, Jakarta, Senin (2/6/2014). Slank memberikan dukungan kepada calon pasangan Presiden Jokowi dan Jusuf Kalla karena mereka menganggap pasangan ini adalah sosok pemimpin yang bersih, jujur, sederhana, dan memberikan harapan untuk menjadikan Indonesia menjadi negara yang hebat.

Slank pun mengajak masyarakat untuk tidak netral dan memilih pasangan ini yang dikenal dengan pasangan yang merakyat.

"Saudara-saudara semua adalah pembuat sejarah dan sejarah baru sedang kita buat. Itulah yang menjadi alasan mengapa saya berdiri di sini," papar Jokowi pada konser Salam 2 Jari pada 2014.

Selain Abdee, punggawa Slank, seperti Kaka, Bimbim, dan Ivanka, terlibat dalam konser 'Salam 2 Jari'. Tampak juga sejumlah musisi, seperti Ian Antono, Erwin Gutawa, Roy J Coniang 'Boomerang', Giring 'Nidji', Joe 'Saint Loco', dan Sandhy Sondoro.

Simak Video: TOP 5: Felicia Tissue Buka Suara, Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom

[Gambas:Video 20detik]