Kata Dishub DKI soal Peleton Road Bike Jalur Kanan Diacungi Jari Tengah

ADVERTISEMENT

Kata Dishub DKI soal Peleton Road Bike Jalur Kanan Diacungi Jari Tengah

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 30 Mei 2021 09:20 WIB
Syafrin Liputo
Foto: Syafrin Liputo (Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo buka suara perihal foto yang menunjukkan rombongan pesepeda road bike melaju di jalur kanan lalu diberi jari tengah oleh pengendara motor. Syafrin menegaskan seluruh pesepeda wajib berkendara dii jalur kiri jalan.

"Sebagaimana saya sampaikan bahwa berdasarkan Undang-undang 22 2009, ada namanya prioritas pengguna jalan, tentu bagi para pesepeda yang kecepatannya berada di bawah dari kendaraan bermotor, itu wajib menggunakan jalur paling kiri," kata Syafrin kepada wartawan di JLNT Kp Melayu- Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (30/5/2021).

Syafrin menerangkan pesepeda wajib berada di jalur kiri. Hal itu agar aspek keselamatan dan keamanan pesepda tetap terjaga.

"Oleh sebab itu para pesepeda yang berada di jalur lalu lintas bersama-sama dengan kendaraan motor lainnya, tentu wajib mengambil jalur paling kiri, sehingga aspek keselamatan dan keamanan pada saat berada di ruang jalan di sana ada mix traffic itu bisa terpenuhi," ungkapnya.

Syafrin menuturkan pihaknya akan terus mengedukasi dan sosialisasi kepada pesepeda agar patuh dan taat pada aturan. Mengenai sanksi bagi para pesepeda yang nakal, pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke aparat kepolisian.

"Sesuai dengan ketentuan, untuk sanksi sepenuhnya menjadi kewenangan rekan-rekan kepolisian, namun kami dari Pemprov DKI terus melakukan sosialisasi, melakukan edukasi, sehingga prinsip ketertiban dalam berlalu lintas itu dipatuhi oleh masyarakat dan tentu dengan upaya social engineering ini kita harapkan ada perubahan prilaku, dari warga Jakarta untuk selalu tertib dan disiplin dalam berlalu lintas, mentaati rambu lalu lintas, marka jalan dan mengikuti arahan petugas pada saat berada di lapangan," tuturnya.

Pesepeda road bike sebelumnya menjadi sorotan karena menggunakan jalur kanan saat bersepeda. Ditambah lagi, road biker ini bersepeda secara rombongan membentuk dua barisan atau yang biasanya disebut peleton.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Tonton juga Video: Road Biker Ramaikan Uji Coba JLNT Kp Melayu-Tanah Abang Pagi Ini

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT