1 Penumpang KM Karya Indah Dikabarkan Hilang, Keluarga Diminta Lapor

Jabbar Ramdhani - detikNews
Sabtu, 29 Mei 2021 21:17 WIB
Jakarta -

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate tengah memastikan jumlah penumpang Kapal Motor (KM) Karya Indah yang berbeda dengan manifes. Data di manifes, tercatat ada 181 penumpang KM Karya Indah.

"Data ini belum valid, 181 (penumpang) itu laporan awal sementara untuk diketahui Pak Menteri, itu laporan yang ada di manifes," kata Kepala KSOP Kelas II Ternate Affan Tabona saat dihubungi detikcom, Sabtu (29/5/2021).

"Sekarang sudah di-update, 277 (penumpang), ada juga data 290 (penumpang). Ini kita masih cari lagi kesalahan data," tambahnya.

KM Karya Indah terbakar di perairan Kepulauan Sula dalam perjalanan dari Pelabuhan Ternate ke Pelabuhan Sanana pagi tadi.

KSOP Ternate meminta keterangan dari agen penjualan tiket untuk memastikan jumlah penumpang di KM Karya Indah. Affan menjelaskan soal penyebab terjadinya perbedaan jumlah penumpang dengan manifes.

"Kan kapal ini ada kamarnya, sebagian penumpang yang pakai kamar, dia tak punya tiket. Dia merasa sudah punya kamar, dia tidak beli tiket lagi. Itulah yang tidak punya tiket," katanya.

"Kita sudah konfrontir ke agen penjualan. Jadi kalau mungkin info akurat, besok kita update lagi. Memang jumlah simpang siur, tapi memang jumlah penumpang lebih dari 181," imbuhnya.

Seorang penumpang dikabarkan hilang. Simak di halaman selanjutnya.