Begini Kondisi KM Karya Indah Usai Terbakar di Laut Malut

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 29 Mei 2021 12:48 WIB
Jakarta -

Kapal Motor (KM) Karya Indah mengalami kebakaran di tengah lautan Maluku Utara (Malut) hari ini. Kapal tersebut kini telah dievakuasi ke pulau terdekat.

"(Kapal) sudah dievakuasi ke pulau terdekat. Pulau Lifamatola, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara," ujar juru bicara Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate Ichsan saat dihubungi, Sabtu (29/5/2021).

Berdasarkan foto yang diterima detikcom, KM Karya Indah terlihat terapung di tengah laut setelah terbakar. Kapal tersebut kini sudah tidak terbakar lagi.

Hanya, masih ada asap hitam yang mengepul di beberapa bagian kapal. Mayoritas bagian kapal tampak hangus terbakar.

Ichsan menjelaskan para korban langsung meloncat ke laut saat kapal terbakar. Mereka menggunakan life jacket (baju pelampung) yang sudah disediakan.

"Iya, para korban langsung loncat ke laut menggunakan life jacket di saat kapal terbakar," paparnya.

Diketahui, sebanyak 181 penumpang dan 14 anak buah kapal (ABK) Kapal Motor Karya Indah yang mengalami kebakaran di tengah lautan Maluku Utara (Malut) telah dievakuasi. Kepala KSOP Kelas II Ternate Affan Tabona menyatakan seluruh penumpang kapal selamat.

"Saat ini proses evakuasi terhadap 14 ABK dan 181 penumpang kapal telah selesai dilakukan dan seluruhnya dalam kondisi selamat," kata Affan lewat keterangan tertulis, Sabtu (29/5).

Affan menyampaikan KM Karya Indah tiba-tiba mengalami kebakaran dalam perjalanan dari Pelabuhan Ternate menuju Pelabuhan Sanana. Pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran dan masih berfokus melakukan proses evakuasi.

"Belum diketahui penyebab terbakarnya kapal tersebut. Kami berfokus terhadap proses evakuasi para penumpang dan awak kapal," ungkapnya.

(fas/fas)