PKS Respons Hasto soal Koalisi: Kalau Sudah Tutup Pintu, Jangan Dipaksa

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 29 Mei 2021 11:28 WIB
Mardani Ali Sera
Mardani Ali Sera (Ari Saputra/detikcom)

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan pihaknya sangat sulit berkoalisi dengan PKS dan Partai Demokrat (PD) dalam kontestasi Pilpres 2024. Hasto mengatakan ideologi PDIP dengan PKS dan PD berbeda.

"Ya koalisi bagi PDI Perjuangan kerja sama politik itu basisnya harus ideologi. PDI Perjuangan berbeda dengan PKS karena basis ideologinya berbeda, sehingga sangat sulit untuk melakukan koalisi dengan PKS. Itu saya tegaskan sejak awal," kata Hasto dalam diskusi Para Syndicate, Jumat (28/5/2021).

Begitu juga Partai Demokrat, yang menurut Hasto berbeda basis. Hasto menyebut Partai Demokrat merupakan partai elektoral tapi bertumpu pada kekuatan massa.

"Dengan Demokrat berbeda, basisnya berbeda. (Demokrat) partai elektoral, kami adalah partai ideologi tetapi juga bertumpu pada kekuatan massa. Sehingga kami tegaskan, dari DNA-nya, berbeda kami dengan Partai Demokrat," ujarnya.

Hasto mengungkap hal ini sejak awal supaya tidak ada lagi wacana yang mencuat terkait koalisi dengan PKS dan PD. Hasto menegaskan PDIP berbeda karakter dengan PKS dan PD.

"Ini tegas-tegas saja, supaya tidak ada juru nikah yang ingin mempertemukan hal tersebut. Karena beda karakternya, beda nature-nya," ujarnya.


(eva/hri)