DKI Dapat Nilai E soal Corona, Gerindra: Wamenkes Jangan Asal Ngomong!

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 29 Mei 2021 07:16 WIB
M Taufik (Wilda Hayatun Nufus/detikcom).
Foto: M Taufik (Wilda Hayatun Nufus/detikcom).
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta maaf atas penilaian 'E' atau paling buruk terhadap DKI Jakarta terkait penangan Corona yang sempat disampaikan oleh Wamenkes Dante Saksono Harbuwono. Wakil Ketua DPRD DKI, M Taufik meminta Wamenkes Dante tidak asal ngomong.

Awalnya Taufik menjelaskan dugaan adanya salah menterjemahkan penilaian yang disampaikan oleh Wamenkes Dante. Menurutnya saat itu ada salah tafsir yang disampaikan Kemenkes lewat Wamenkes Dante.

"Iya saya begitu keluar saya sudah buat pernyataan bahwa 'dasar nilai itu apa?' Jangan jangan salah menterjemahkan penilaian yang oleh WHO dengan nilai 0-4 itu penilaian terhadap situasional level, menggambarkan situasi resiko pandemi yang sedang dihadapi, itu kan berdasarkan penilaian WHO, ini ditafsirkan, menurut saya, merubah tafsir itu situasi resiko menjadi kualitas penanganan pandemi dengan nilai A sampai E, saya kira penerjemahan yang keliru," kata Taufik saat dihubungi, Jumat (28/5/2021).

Tak hanya itu, Taufik juga merasa aneh dengan penilaian yang disampaikan Wamenkes Dante terkait penanganan Corona oleh Jakarta yang paling buruk. Pasalnya, kata dia, Jakarta justru yang paling tinggi dalam tes hingga pelacakan.

"Berikutnya menurut saya menilai kapasitas respons Jakarta rendah itu kan penilaian, padahal jelas sekali kapasitas tes, lacak, isolasi perawatan Jakarta itu paling tinggi seluruh Indonesia dengan gap yang besar yang saat itu dalam kondisi yang sangat tidak memadai," ucapnya.

Dia juga menegaskan persoalan Corona persoalan kemanusiaan. Dia mengkritik kesan perlombaan yang disampaikan lewat penilaian setiap daerah.

"Berikutnya saya ingin sampaikan bahwa ini urusan kemanusiaan bukan urusan lomba-lomba, nggak usah ada lomba-lomba, sudahlah," tuturnya.

Simak video 'Okupansi RS Rujukan Covid-19 Naik Terus Dalam 6 Hari Terakhir':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2