KPK Ungkap Alasan TNI-Polri Jaga Ketat Gedung Merah Putih

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 17:55 WIB
Jakarta -

Gedung Merah Putih KPK dijaga ketat oleh aparat TNI-Polri sejak pagi tadi. Penjagaan itu guna mengamankan massa aksi yang ingin menyuarakan pendapatnya kepada lembaga antirasuah ini.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menjelaskan bahwa pengamanan itu dilakukan guna menjaga keamanan objek vital gedung KPK. Ali mengatakan pihak Polres memang sudah mendapatkan info bahwa ada aksi unjuk rasa.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, dalam rangka penjagaan keamanan objek vital di antaranya gedung KPK. Kabar dari pihak Polres, benar akan ada unjuk rasa di depan gedung KPK," kata Ali, kepada wartawan, Jumat (28/5/2021).

Pengetatan penjagaan dan personel yang terpantau cukup banyak dari biasanya itu, kata Ali, memang inisiatif dari pihak Polres. Penjagaan ini diperketat dengan pasukan TNI guna menghindari adanya tindakan persuasif massa aksi yang berpotensi mengganggu keamanan.

"Ada juga dibantu pihak TNI karena pihak polres memerlukan tambahan personel. Namun demikian, penjagaan ini dipastikan akan dilakukan dengan upaya persuasif kepada pihak-pihak jika terjadi potensi gangguan keamanan," katanya.

Lalu, massa aksi mulai berdatangan ke Gedung Merah Putih sejak pukul 14.00 WIB. Massa aksi tersebut datang dengan jumlah yang tidak sepadan dengan penjagaan ketat, yakni hanya puluhan, bahkan belasan.

Namun, massa aksi tersebut tetap tidak memasuki area depan gedung KPK karena dihalau oleh anggota yang berjaga. Mobil Barracuda dan kawat berduri tetap disiagakan di lokasi untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu massa mulai mengancam.

Ali menjelaskan pengamanan itu bukan permintaan dari pihak KPK. Pengamanan ketat ini merupakan hasil analisis dari kepolisian untuk mengamankan gedung KPK dari aksi massa.

"Jadi kedatangan pengamanan tersebut bukan karena permintaan KPK. Namun berdasarkan analisa pengamanan dari pihak kepolisian dalam penjagaan objek vital di antaranya gedung KPK," kata Ali.

Simak penjelasan selengkapnya soal gedung Gedung Merah Putih KPK di halaman berikutnya.