Penampakan Bagian Pesawat Latih yang Tampak di Permukaan Danau Cibubur

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 16:21 WIB
Jakarta -

Sebuah pesawat latih jatuh di Danau Buperta, kawasan Cibubur, Kota Depok, Jawa Barat (Jabar). Pesawat ini belum dievakuasi.

Pantauan detikcom, Jumat (28/5/2021) sekitar pukul 15.37 WIB, badan pesawat latih bewarna hitam dan putih ini muncul di permukaan danau. Belum diketahui secara pasti bagian pesawat apa yang terlihat di permukaan Danau Buperta ini.

Sepintas, badan yang muncul di permukaan danau mirip sebuah pintu. Sementara itu area pinggir danau sudah dipasangi garis polisi. Polisi pun sudah berada di sekitar lokasi.

Belum diketahui kapan pesawat latih yang jatuh di danau ini dievakuasi.

Sebelumnya diberitakan pesawat latih ini milik swasta. Saat jatuh di danau, pesawat diawaki seorang pilot yaitu Kapten Penerbang Langgeng dan siswanya bernama Okto.

"Informasi sementara ada dua orang udah dibawa ke rumah sakit. Dalam keadaan selamat," ujar Kasubag Humas Polres Metro Depok Kompol Supriyadi saat dihubungi detikcom.

Hingga saat ini belum diketahui pesawat latih yang jatuh itu milik institusi mana. Pesawat tersebut lepas landas dari pangkalan di Buperta.

Pesawat tersebut diketahui jatuh sekitar pukul 12.30 WIB. Supriyadi menegaskan, yang jatuh adalah pesawat latih, bukan helikopter.

"Itu pesawat pelatih (untuk latihan) kan beda sama helikopter," ujar Supriyadi.

Sebelum jatuh, pesawat latih tersebut sempat berputar sebanyak 3 kali.

"Lagi latihan di Buperta, sempat berputar tiga kali," katanya.

Pada putaran keempat, pesawat dilaporkan hilang kontak. Hingga akhirnya pesawat latih itu ditemukan jatuh di danau dekat Buperta.

"Putaran keempat hilang kontak, tahu-tahu dia jatuh di danau," jelasnya.

(sab/aud)