detikcom Do Your Magic

Rambu Pembatas di Jl Cilincing Raya Diharap Bisa Kurangi Kecelakaan

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 13:34 WIB
Rambu pembatas Jl Cilincing yang telah diperbaiki.
Kondisi rambu pembatas jalan di Jl Cilincing Raya (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Rambu peringatan di pembatas jalan searah Jalan Raya Cilincing, Jakarta Utara, telah selesai diperbaiki. Pengendara motor yang melintas di jalan ini berharap tidak ada lagi kecelakaan setelah dipasangnya rambu peringatan.

"Lebih baik daripada biasanya, kelanjutannya mudah-mudahan nggak ada lagi kecelakaan, jaranglah gitu kecelakaan, tidak seperti sebelum-sebelumnya," kata salah seorang pengendara motor, Juadi (70), kepada wartawan di Jalan Clincing Raya, Jakarta Utara, Jumat (28/5/2021).

Juadi menerangkan, sebelum ada rambu peringatan ini, pengendara sering mengalami kemacetan pada malam hari, karena menyalip. Pembatas jalan yang tak terlihat itu pun kemudian diterobos oleh pengendara dan mengakibatkan kecelakaan.

"Iya, kadang-kadang, apalagi kalau malam ya, kalau jalanan macet tuh, orang nyalip nggak lihat ada pembatas itu, ya," tuturnya.

Namun Juadi berharap Pemprov DKI membuat rambu peringatan lebih tinggi, sehingga rambu peringatan bisa dilihat dari jauh oleh para pengendara yang melintas.

"Seharusnya rambunya agak lebih tinggi, dari jauh kelihatan. Kalau ini kan nggak kelihatan, dari jauh ya kan, kadang-kadang kalau lagi macet kan selip-selip kenceng kan, sedangkan saya pengendara motor juga," kata Juadi.

Ditemui selanjutnya, Abi (22), warga Clincing, menyebut rambu peringatan ini bagus untuk mencegah kecelakaan di sekitar Jalan Clincing Raya ini. Sebelum ada rambu peringatan ini, kata Abi, truk kontainer kerap kali menerobos pembatas jalan hingga masuk ke trotoar.

"Bagus, lebih baik saja, mending. Pas nggak ada ini mah ngablang semua kontainer naik pada trotoar, pada nabrak," kata Abi.

Abi berharap kecelakaan di sekitar lokasi tidak terjadi lagi. Ia pun berharap Pemprov DKI meninggikan rambu peringatan agar mudah terlihat oleh pengendara. "Kurang tinggi, ratain aja sama yang ini," imbuhnya.

Pantauan detikcom di lokasi pembatas jalan rawan kecelakaan, dekat New Priok Common Gate, Jalan Raya Clincing, pukul 11.20 WIB, rambu peringatan itu berdiri tegak berimpitan dengan pembatas jalan searah itu.

Rambu peringatan terbuat dari papan kayu dicat kuning hitam dan terlihat bersandar pada tiang yang bengkok. Tiang penyangganya terbuat dari kayu dan disemen di bagian bawahnya agar tak mudah goyah dan rusak.

Di atas rambu peringatan, ada penunjuk arah kanan dan kiri yang diberi cat berbeda. Untuk penunjuk arah ke kanan diberi cat merah sedangkan penunjuk arah ke kiri diberi cat putih.

(whn/aik)