2.382 Polisi Amankan Aksi di Kedubes AS, Rekayasa Lalin Situasional

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 11:29 WIB
Jakarta -

Massa Gerakan Pekerja Muslim Indonesia (GPMI) menggelar aksi bela Palestina di depan Kedubes Amerika Serikat (AS), Jakarta Pusat. Ribuan polisi disiagakan untuk mengamankan aksi.

"Sebanyak 2.382 personel gabungan disiapkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Jumat (28/5/2021).

Dihubungi terpisah, Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Heriyanto mengatakan aksi terpusat di beberapa titik.

"Ada di Patung Kuda, kantor PBB, dan Kedubes AS," ujar Setyo.

Peserta aksi diperkirakan 500 orang. Mayoritas massa berasal dari elemen buruh.

"Massa masih naik-turun. Ngomongnya 500. Tapi sampai sekarang baru 20-an di Patung Kuda. Sementara dari elemen buruh," ujar Setyo.

Rekayasa Lalin Situasional

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan rekayasa lalu lintas diberlakukan situasional.

"Untuk rekayasa lalu lintas sifatnya situasional," ujar Sambodo saat dihubungi terpisah.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardji mengatakan pihaknya akan melakukan pengalihan arus jika eskalasi massa meningkat.

"Kalau massanya lebih dari 500 sampai 1.000, ya (lalin) kita alihkan. Yang dari Patung Kuda mau ke arah Kedubes AS kita alihkan ke U turn-nya Balai Kota kita alihkan lagi dia bisa masuk mengarah ke TL Garuda sebelum Patung Kuda ada BUMN belok kiri dia bisa belok situ ke Kebon Sirih," ujar Lilik.

Kendaraan yang melintas dari arah Tugu Tani menuju ke Merdeka Selatan akan dialihkan ke Monas Timur.

"Tapi itu terpaksa ya kalau memang nggak bisa dilewati lagi kalau massanya 1.000. Kalau cuma 100, ya kita lewati. Sekarang masih landai, nggak ada masalah. 100 juga nggak nyampe," ungkap Lilik.

Aksi bela Palestina hari ini diketahui akan dilakukan oleh elemen buruh. Demo tersebut bertajuk 'Seruan Aksi Buruh Untuk Palestina'.

Titik kumpul massa berada di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Nantinya, mereka akan melakukan aksi unjuk rasa di beberapa titik mulai di kantor perwalian PBB, Kedubes AS, hingga Kedubes Prancis.

Aksi unjuk rasa membela Palestina bukan kali ini saja dilakukan. Pada Jumat (21/5), aksi serupa juga berlangsung. Saat itu ada sekitar 1.000 orang mendatangi Kedubes AS menyampaikan aspirasi dalam membela Palestina, yang tengah berkonflik dengan Israel.

(ygs/mea)