Dorong Literasi Digital, Pertamina Donasi Alat Multimedia ke Pesantren

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Kamis, 27 Mei 2021 11:30 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) melalui Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat bekerja sama dengan PT Balai Pustaka (Persero) memberikan bantuan perangkat multimedia kepada Pondok Pesantren Miftahul Falah Ash Shiddiqie, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pemberian bantuan ini dalam rangka mendukung peningkatan kemampuan literasi generasi muda dan mempermudah akses terhadap materi pembelajaran.

Bantuan perangkat multimedia tersebut terdiri dari laptop, printer, stabilizer, proyektor beserta layar, wireless router untuk jaringan internet wifi, perangkat komputer, dan papan akrilik. Selain itu, ada juga spanduk materi edukatif sebagai informasi berupa petunjuk untuk dapat mengakses berbagai sumber literatur di perpustakaan digital bagi 70 orang santri di pondok pesantren tersebut.

"Dengan adanya perangkat multimedia, baik Pertamina maupun Balai Pustaka berharap para santri maupun guru dapat lebih mudah mengakses berbagai literatur untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar. Juga dengan lebih beragamnya sumber literatur yang dapat diakses, dapat meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi para santri," ujar Unit Manager Communication, Relations & CSR Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan dalam keterangan tertulis, Kamis (27/5/2021).

Eko menjelaskan akses sumber literatur di pondok pesantren yang berlokasi di Kampung Rancasepat, Kecamatan Rancaekek Kulon ini masih sangat terbatas. Selain karena ketersediaan buku bacaan maupun buku pelajaran yang minim, terdapat juga para santri yang masih belum memiliki buku-buku pelajaran karena keterbatasan ekonomi.

"Bantuan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pertamina untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Kami menyadari bahwa kemampuan literasi yang baik merupakan hal yang dapat membentuk generasi yang cerdas," ungkapnya.

Setelah menerima bantuan tersebut, Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Falah Ash Shiddiqie Ustaz Dadun Abdul Qohar mengucapkan terima kasih atas bantuan pendidikan yang diberikan Pertamina dan Balai Pustaka. Selain digunakan untuk akses sumber literatur, bantuan fasilitas tersebut kini dapat digunakan untuk sejumlah kegiatan pesantren seperti pembelajaran audio visual, pengajian umum, dan pembelajaran daring.

"Atas nama pribadi dan pimpinan Pesantren Miftahul Falah Ash Shiddiqie, mengucapkan beribu-ribu terima kasih atas kepercayaan Pertamina yang telah memberikan bantuan perangkat multimedia. Mudah-mudahan menjadi sarana untuk membantu pembelajaran dan meningkatkan SDM para santri. Dengan adanya perpustakaan digital yang di dalamnya memuat pelajaran SD, SMP, SMA lengkap kurikulum 2013, sangat membantu para santri kami yang kebanyakan kesulitan membeli buku-buku pelajaran karena keterbatasan ekonomi," tutur Ustaz Dadun.

(mul/mpr)