Felicia Tissue Laporkan Netizen RI ke Polisi Singapura, Bisa Ekstradisi?

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 26 Mei 2021 21:54 WIB
Felicia Tissue
Felicia Tissue (Instagram)
Jakarta -

Mantan kekasih Kaesang Pangarep, Felicia Tissue, melaporkan netizen berbahasa Indonesia ke polisi Singapura. Bila netizen itu berada di Indonesia dan Felicia lapor ke polisi Singapura, apakah ekstradisi bisa dilakukan?

Ekstradisi adalah penyerahan orang yang dianggap melakukan kriminalitas oleh suatu negara kepada negara lain yang diatur dalam perjanjian antara kedua negara yang bersangkutan. Misalnya, apabila netizen itu berada di Indonesia, maka netizen itu bisa diserahkan pihak Indonesia ke Singapura.

"Aparat penegak hukum dapat bekerjasama dengan aparat penegak hukum di mana pelaku berada. Ini yang dikenal dengan proses ekstradisi," kata pakar hukum internasional, Hikmahanto Juwana, kepada detikcom, Rabu (26/5/2021).

Guru Besar Universitas Indonesia (UI) ini menjelaskan, ekstradisi bisa dilakukan karena hubungan polisi ke polisi terjalin lewat kerjasama Interpol. Bisa pula ekstradisi via proses panjang antar-negara.

"Namun demikian, proses ekstradisi ada syarat, di antaranya apabila tindakan pelaku masuk dalam kategori kejahatan baik di negara yang meminta maupun yang diminta. Ini disebut sebagai dual criminality," kata Hikmahanto.

Namun, Hikmahanto tidak terlalu yakin ekstradisi bisa dilakukan. Biasanya, negara tidak akan menyerahkan warganya.

"UU Ekstradisi Indonesia mengatur hal tersebut. Pasal 7 ayat 1 menyebutkan 'Permintaan ekstradisi terhadap warga negara Republik Indonesia ditolak', meski dalam ayat 2 dibuka kemungkinan," kata Hikmahanto.

Selanjutnya, DPR RI belum ratifikasi perjanjian ekstradisi itu, terus bisa ekstradisi tidak ya?

Selanjutnya
Halaman
1 2