Round-Up

Kali Kedua Tongkat Estafet Doni Monardo Diberikan ke Ganip Warsito

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 21:19 WIB
Jakarta -

Jabatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berganti pejabat pagi tadi. Letjen TNI Doni Monardo resmi melepas jabatan tersebut, dan Letjen Ganip Warsito yang dipilih menggantikan Doni oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Benar," ujar Tenaga Ahli BNPB Egy Massadiah kepada wartawan saat dikonfirmasi perihal pergantian Kepala BNPB, Selasa (25/5/2021) pagi.

Pelantikan dijadwalkan berlangsung pukul 10.30 WIB di Istana Negara, Jakarta Pusat (Jakpus). Saat pelantikan berlangsung, turut hadir Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

Pelantikan ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Prosesi pelantikan diawali dengan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya serta pembacaan keputusan presiden.

Setelah itu, rohaniwan mendampingi Letjen Ganip Warsito saat pembacaan sumpah jabatan. Sumpah jabatan dipandu oleh Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada nusa dan bangsa. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Ganip Warsito dipandu Jokowi.

Setelah dilantik, Letjen Ganip Warsito mendapat ucapan selamat dari Jokowi. Disusul kemudian oleh tamu hadirin.

Doni melaksanakan upacara serah-terima jabatan (sertijab) kepada Ganip di Aula Soetopo pada pukul 14.00 WIB tadi. sertijab digelar secara tertutup untuk mencegah terjadinya kerumunan.

Ternyata dua dekade lalu hal yang sama dialami Doni Monardo dan Ganip. Keduanya saat itu masih berpangkat perwira menengah (pamen TNI).

Ganip yang berpangkat Mayor Infanteri menggantikan Doni yang berpangkat Letnan Kolonel Infanteri dalam jabatan Komandan Batalion 741/Satya Bhakti Wirottama, Singaraja, Bali. Hal itu diungkap Tenaga Ahli BNPB Egy Massadiah.

"Peristiwa berulang. Pada tahun 1999-2001, Letkol Inf Doni Monardo menjabat Komandan Batalion 741/Satya Bhakti Wirottama, Singaraja, Bali. Tongkat komando batalion yang ada di Pulau Bali ini dilanjutkan oleh Mayor Inf Ganip Warsito," terang Egy sambil menyertakan foto Doni dan Ganip 20 tahub silam.

"Hari ini tanggal 25 Mei 2021 Letjen TNI Ganip Warsito melanjutkan tongkat komando di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," imbuh dia.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.