Spotlight

Membedah Aktivitas Ganjar, Anies, dan RK di Media Sosial

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 12:57 WIB
Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil di Balai Kota DKI (Dok. Detikcom)
Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil di Balai Kota DKI (Dok. detikcom)
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dituding oleh Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto sedang menyiapkan pasukan media sosial demi maju Pilpres 2024. Lantas, bagaimana aktivitas Ganjar di media sosial dibandingkan dengan kepala daerah lain?

detikcom membandingkan akun Instagram Ganjar dengan akun milik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kedua gubernur itu dipilih karena termasuk yang sering masuk bursa capres bersama Ganjar di berbagai survei. Ganjar kerap menggunakan akun Instagram-nya untuk membagikan berbagai kegiatannya, dari saat mengunjungi warga, mencicipi kuliner, hingga saat bersepeda.

Dilihat pada Selasa (25/5/2021), akun Instagram Ganjar memiliki total 4.384 unggahan dengan 3,4 juta pengikut. Sedangkan Ridwan Kamil memiliki 7.037 unggahan dan 13,8 juta pengikut. Sementara Anies memiliki 3.280 unggahan dan 5 juta pengikut.

Namun, bagaimanakah kinerja konten yang kerap dibagikan Ganjar? detikcom memakai tools website phlanx.com guna mengukur tingkat engagement ketiganya di Instagram. Hasilnya, akun @ganjar_pranowo memiliki engagement rate 0,83%, sedangkan @ridwankamil sebesar 1,10% dan @aniesbaswedan 0,71%. Berdasarkan data tersebut, engagement akun Instagram Ganjar masih kalah dibanding milik Ridwan Kamil. Namun, engagement Ganjar lebih unggul ketimbang Anies walaupun kalah dalam soal jumlah pengikut.

Ganjar di Twitter

Sementara itu, akun Twitter Ganjar telah diikuti 1,9 juta pengikut. Sedangkan Anies memiliki 4,2 juta pengikut dan Ridwan Kamil 4,4 juta pengikut. Dalam hal jumlah pengikut, Ridwan Kamil masih unggul di atas Anies dan Ganjar.

Selanjutnya
Halaman
1 2