Keutamaan Sedekah Subuh dan Cara Melakukannya

Rahma I Harbani - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 11:36 WIB
sedekah
Foto: shutterstock
Jakarta -

Sedekah adalah memberikan sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah. Pemberian sesuai dengan kemampuan pemberi.

Sedekah sebenarnya tidak harus terpaku pada waktu tertentu maupun hari tertentu. Waktu-waktu yang dilakukan untuk bersedekah itu sama baiknya. Tidak terkecuali dengan bersedekah di waktu subuh, yaitu sedekah subuh.

Melansir dari buku Sapu Jahat Keberuntungan karya Ahmad Mudzakir, S. Pd, M. Si., sedekah subuh adalah kegiatan berbagi, mengeluarkan harta untuk kebaikan bagi mereka yang membutuhkan, dan mengeluarkan harta di jalan Allah yang waktunya dilakukan setelah melaksanakan sholat Subuh sebelum matahari terbit.

Keistimewaan bersedekah di waktu subuh adalah malaikat yang turun ke bumi akan segera mendoakan orang yang bersedekah tersebut. Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan Imam al-Bukhari dan Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, beliau berkata:

"Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya: "Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata: 'Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah.' Malaikat yang satu berkata: 'Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil."

Selain itu, dikutip dari laman Badan Amil Zakat Nasional (Baznas NTB), ulama Syekh Ali Jaber juga pernah mengatakan bahwa resep dari amalannya adalah sedekah subuh.

Beliau menekankan hal yang sama bahwa sedekah subuh memiliki keutamaan yang luar biasa sebab setiap waktu subuh tugas yang diberikan Allah pada malaikat yang turun saat itu hanyalah untuk mendoakan orang yang berinfak di waktu subuh.

Masih mengutip dari sumber buku tulisan Ahmad Mudzakir, perhitungan kasar antara waktu subuh dengan awal matahari terbit sangat dekat, yaitu kurang lebih 1 jam. Hal ini berarti, jika kita bersedekah selepas sholat Subuh, maka dalam hitungan 1 jam kemudian malaikat mendoakan supaya infak sedekah kita digantikan.

Cara Allah SWT mengganti rezeki yang diinfakkan dengan menggantinya dalam jumlah berlipat atau melebihi angka yang kita keluarkan. Adapun berikut ini merupakan cara-cara untuk melakukan sedekah subuh.

Cara Melakukan Sedekah Subuh

1. Mengisi kotak amal yang ada di masjid, persis setelah subuh berjamaah. Untuk lelaki bisa langsung memasukkan sendiri ke kotak amal yang ada di masjid, sementara untuk kaum perempuan bisa menitipkan sedekahnya pada suami atau anak lelakinya;

2. Mentransfer uang melalui rekening tepat pada setelah sholat Subuh. Sasaran transfer ini bisa diberikan pada orang tua, sahabat yang membutuhkan, lembaga sosial, atau apa pun yang dapat bernilai sedekah;

3. Memberikan makanan ke tetangga, pondok pesantren, yatim piatu atau tempat-tempat yang pastu makanan dimakan. Waktunya tepat setelah Subuh sebelum matahari terbit;

4. Mengantarkan sumbangan berupa bantuan kepada yang membutuhkan persis waktunya setelah Subuh.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai keutamaan sedekah subuh dan cara melakukannya. Semoga menginspirasi ya sahabat hikmah.

(nwy/nwy)