Komisi VIII Desak Kemen PPPA-Kominfo Aktif Cegah Prostitusi Online Anak

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 09:06 WIB
Jubir TKN Jokowi-Maruf, Ace Hasan Syadzily
Ace Hasan (Foto: dok. pribadi)
Jakarta -

Sebanyak 18 anak perempuan di bawah umur menjadi korban prostitusi online di dua hotel di Jakarta Barat (Jakbar). Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily meminta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) serta Kemenkominfo aktif mencegah prostitusi online.

"Soal prostitusi online ini memang harus menjadi perhatian serius. Perdagangan manusia yang terjadi melalui online kerap kali ditemukan. Apalagi ini menyangkut dengan prostitusi anak yang jelas melanggar hukum," kata Ace kepada wartawan, Senin (24/5/2021).

Ace juga meminta Kementerian PPPA berperan aktif dalam kasus prostitusi online. Kementerian PPPA diminta membuat layanan pengaduan online khusus untuk kasus ini.

"Kementerian PPPA harus membuat layanan pengaduan melalui online jika ditemukan kejadian perdagangan manusia melalui online ini. Setiap pengaduan online yang terjadi harus segera ditindaklanjuti dengan cepat dan tegas," tutur dia.

Kepada Kemenkominfo, Ace juga memberikan masukan. Dia meminta agar Kemenkominfo aktif melacak kegiatan yang mengarah pada prostitusi online di media sosial.

"Selain itu, Kominfo harus lebih aktif melacak potensi terjadinya perdagangan dan prostitusi yang melibatkan anak-anak," kata dia.