Polri Sebut Ada Usaha Kelompok MIT Poso untuk Serahkan Diri

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 18:13 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono (Dok. Divisi Humas Polri)
Jakarta -

Satgas gabungan TNI-Polri dalam Operasi Madago Raya masih terus mengejar sembilan anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng). Polri menyebut segala kemungkinan bisa terjadi, termasuk upaya kelompok teroris pimpinan Ali Kalora untuk menyerahkan diri.

"Ya segala kemungkinan terjadi seperti itu di sana, ada usaha untuk menyerahkan diri dan sebagainya. Itu tentunya telah didalami oleh anggota TNI dan Polri yang menggelar Operasi Madago Raya di sana," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan di kantornya, Senin (24/5/2021).

Rusdi berharap Operasi Madago Raya bisa segera menuntaskan pengejaran seluruh DPO anggota MIT. Apalagi baru-baru ini kelompok MIT melakukan pembunuhan keji terhadap beberapa petani.

"Yang jelas dari operasi itu diharapkan bisa selesaikan kasus MIT. Kelompok-kelompok Ali Kalora harus diselesaikan di daerah Poso dan sekitarnya," tuturnya.

Sebelumnya, kelompok MIT pimpinan Ali Kalora di Poso, Sulteng, masih terus diburu Satgas Madago Raya setelah melakukan pembunuhan keji terhadap beberapa petani. Polri menyatakan telah mengetahui lokasi anggota MIT biasa beraksi.

"Loh, sudah tahu sebenarnya (lokasi Ali Kalora dan kawan-kawan). Wilayah mereka bermain itu aparat keamanan sudah mengidentifikasi dan medannya memang tidak mudah," ujar Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan di kantornya, Selasa (18/5).

Hanya, kata Rusdi, mereka tidak diam di satu tempat. Anggota MIT juga tetap bergerak seperti makhluk hidup pada dasarnya.

"Nggak mungkin, diam di sini saja, selesai lah. Mereka kan makhluk hidup juga. Mereka bergerak terus," tuturnya.

Tonton Video: Pemerintah Klaim KKB dan MIT Semakin Terdesak

[Gambas:Video 20detik]

(fas/fas)